Guru Hendaknya menjadi Pelayan Siswa

Purworejo – Guru dalam melaksanakan tugas hendaknya dapat berfungsi sebagai pelayan siswa. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Fatchur Rochman dalam kata pembinaan sekaligus pembukaan Penilaian Kinerja Guru dan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2021 yang bertempat di aula MA An-Nawawi Berjan Purworejo, Selasa (15/12/2021). “Pelayanan yang dimaksud adalah melayani dengan sepenuh hati mulai dari memperhatikan, mendengarkan, hingga menjadi fasilitator segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan karakteristik siswa. Agar apa yang diajarkan oleh guru benar-benar bisa terpatri dalam diri siswa,” terang Kakankemenag.

Dalam sambutannya, ketua tim PKG-PKKM Ayub Heri Santoso, di hadapan para Kepala Madrasah Aliyah se-Kabupaten Purworejo menyampaikan bahwa yang akan dinilai dalam PKG yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara individual. Sedangkan Turi selaku anggota tim PKG-PKKM menambahkan, bahwa dalam PKKM yang akan dinilai yaitu kinerja kepala madrasah dalam tugas utama melaksanakan usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi akademik. 

Dalam kesempatan tersebut, Abdi Sandiko seorang JFU Pendidikan Madrasah Kemenag Purworejo yang juga merupakan anggota tim PKG-PPKM menyampaikan apresiasi atas keberhasilan guru MA An-Nawawi Purworejo atas nama Suparjiyati dan Suliah dalam penulisan buku pelajaran ber-ISBN. Suparjiyati adalah penulis buku pelajaran Biologi, sementara nama kedua adalah penulis buku SKI. Abdi berharap guru lain dapat mengikuti jejak keduanya dengan melakukan pengembangan literasi menulis di masa yang akan datang. (izz/sgy/bd)