Raih WBK, Kakanwil Apresiasi Kemenag Salatiga

Salatiga — Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga menyelenggarakan Kegiatan Tasyakuran Apresiasi dan Penganugerahan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kementerian PANRB di Aula Kantor (27/12).  Hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, Kepala Kankemenag Kota Salatiga H. Taufiqur Rahman, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kankemenag Kota Salatiga, Kasubbag TU H. M. Soleh Mubin, Ketua Rumah Moderasi BKGS Purwanto, pejabat stuktural dan fungsional di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga. Kegiatan seremonial diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan lima nilai budaya kerja Kemenag,  pembacaan ayat suci Al Qur’an,  tahlil,  sambutan-sambutan, dilanjutkan doa dan pemotongan tumpeng.

Setelah melalui proses panjang dimulai dari submit PMPZI (Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas), penilaian Tim Penilai Internal Sekretariat Jenderal Kemenag, Badan Litbang dan Diklat Kemenag yang selanjutnya dinilai oleh Tim Penilai Nasional dari Kementerian PANRB melalui desk evaluasi, akhirnya Kankemenag Kota Salatiga berhasil melalui berbagai tahapan penilaian dan dinyatakan lolos WBK.  Penilaian meliputi 6 area perubahan yaitu Pokja Manajemen Perubahan, Pokja Penataan Tatalaksana, Pokja Sistem Manajemen SDM, Pokja Penguatan Pengawasan, Pokja Penguatan Akuntabilitas, Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Beberapa Inovasi juga telah dilakukan Kankemenag Kota Salatiga.

Senin, 20 Desember 2021, Kementerian PANRB mengumumkan secara resmi unit kerja yang berhasil meraih predikat WBK dan WBBM (Wilayah Birokrasi Melayani) dalam kegiatan bertajuk Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM  Tahun 202i yang diselenggarakan secara virtual. Tahun ini ada 2 unit kerja di Kementerian Agama yang lolos WBK, yaitu MAN IC Cendekia Serpong dan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

 “Alhamdulillah, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga mendapatkan predikat WBK dari Kementerian PANRB Tahun 2021. Prestasi ini berkat kekompakan dan partisipasi semua ASN Kankemenag Kota Salatiga dan pihak-pihak terkait sehingga mendapat penghargaan ini. Mohon doanya, semoga bisa meraih predikat WBBM.” Jelas Taufiq.

Pada kesempatan yang sama, Musta’in Ahmad dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Kankemenag Kota Salatiga atas diraihnya predikat WBK. “Alhamdulillah salah satu satker yang lolos WBK Tahun 2021 ada di Jawa Tengah dan itu adalah Kankemenag Kota Salatiga. Jadi Kota Salatiga bukan hanya menjaga marwah kehormatan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah tapi juga Kementerian Agama Republik Indonesia. Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih Kankemenag Kota Salatiga. Betapa tidak mudah meraih WBK, tapi dengan segala keterbatasannya, ternyata sejalan dengan spirit melakukan reformasi birokrasi, Kankemenag Kota Salatiga berhasil meraih WBK ” jelas Musta’in.

 “Semoga Kankemenag Kota Salatiga tetap semangat, jangan kendor untuk melanjutkan perjuangan. Mudah mudahan ini semua menjadi modal yg baik untuk bisa melanjutkan prestasi capaian kebaikan di masa depan dan tahun depan kita canangkan WBBM. Jangan lelah, Insya Allah membawa berkah” tambahnya.

Acara tasyakuran semakin semarak dengan lantunan musik dari Angklung Pasar Sapi Salatiga yang khusus dihadirkan untuk menghibur tamu undangan dan ASN Kankemenag Kota Salatiga. Juga disediakan hidangan spesial berupa kambing guling dari Kakannwil. Sebelumnya kedatangan Mustai’in Ahmad disambut oleh Yel-Yel kebanggaan Kankemenag Kota Salatiga yang dibawakan sangat apik oleh ASN Kankemenag Kota Salatiga. (Humas/Fitri-Khusnul)