Santri Kendil mendapat Kunjungan Petugas Verifikasi Lembaga Seni dari Kanwil

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menerima kunjungan Achmad Syalabi, M.Ag., petugas verifikasi lembaga seni dan budaya dari Seksi Seni Budaya Islam dan Musabaqah Al Qur’an dan Al Hadits Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaisdayazawa) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (16/12/2021).

“Kegiatan ini merupakan verifikasi dari pendataan lembaga Seni Budaya Islam dan Siaran Kegamaan Islam yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di tingkat Kabupaten/Kota,” ujar Syalabi. “Pendataan ini sangat penting dan menjadi salah satu perhatian Kementerian Agama untuk dapat melestarikan seni-seni keislaman,” sambungnya.

Saat disinggung tindak lanjut hasil verifikasi, Achmad Syalabi membuka kemungkinan adanya upaya pemerintah untuk mengalokasikan bantuan dana ke lembaga Seni Budaya Islam dan Siaran Keagamaan Islam agar para seniman muslim dapat tetap berkarya dengan menggunakan dukungan teknologi sehingga akan mendorong berkembangnya ajaran Islam.

Adapun lembaga seni yang diverifikasi adalah Santri Kendil di Kecamatan Loano. Lembaga seni yang digawangi oleh Fatkhul Wahab ini sering mengikuti festival hadroh baik tingkat kabupaten hingga lintas provinsi dan menyabet berbagai prestasi kejuaraan. “Alhamdulillah sejak 2017 Santri Kendil lebih fokus pada bagaimana kami bisa bermanfaat bagi masyarakat di antaranya memberikan pelatihan musik hadroh ke sekolah-sekolah maupun komunitas,” imbuh perangkat desa Kalikalong Kecamatan Loano ini.

Fatkhul Wahab berterima kasih kepada Kementerian Agama, khususnya Achmad Syalabi atas kunjungannya dan akan mengingat pesan Syalabi agar tetap istiqomah dalam menebar kebaikan untuk umat manusia melalui seni. (hws/sgy/bd)