Tingkatkan Layanan, Kemenag Klaten Gelar FGD Kelembagaan KUA

Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Focus Group Discusssion (FGD) Kelembagaan Kantor Urusan Agama (KUA), yang dibuka oleh Kakankemenag bertempat di Aula Masjid Raya Klaten, Selasa, (30/11).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Kepala KUA dan penghulu se Kabupaten Klaten, dalam sambutan pembukaannya, Kakankemenag Klaten, Anif Solikhin memaparkan KUA merupakan ujung tombak pelayanan Kemenag di tingkat kecamatan.

“Karenanya pelayanan KUA dituntut untuk mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, memiliki peran strategis yakni melakukan pelayanan berkualitas sekaligus membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,” tandas Anif.

Oleh karena itu ASN yang berada di Kantor Urusan Agama (KUA) mulai dari Kepala KUA, para Staf, para Penyuluh merupakan jajaran Kementerian Agama yang hadir ditengah masyarakat untuk melayani karena yang paling dekat dengan umat dan masyarakat adalah KUA.

Ia juga mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan agar Kepala KUA dan seluruh ASN di KUA mampu membaca keadaan masyarakat, maka dengan itu ASN Kementerian Agama harus memiliki tiga hal, yaitu kemampuan, ilmu pengetahuan dan sikap.

“Seluruh komponen di KUA harus mampu menguasai tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat dan juga harus memberikan keteladan/contoh pada masyarakat,” pinta Anif.

Menteri Agama mencanangkan program Revitalisasi KUA, pogram ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama, himbaunya.(sm_aj/Sua)