Tingkatkan Mutu Layanan KUA, Kemenag Klaten Gelar Bimtek Simkah Web

Klaten-Upaya peningkatan mutu layanan di KUA dalam melayani masyarakat, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar kegiatan bimbingan teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA (Simkah Web) bagi operator Simkah KUA dan Perangkat Desa yang menangani pernikahan, yang berlangsung di RM Bu Mayar Klaten, Selasa, (23/11).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Anif Solikhin, hadir membuka acara dalam sambutannya mengatakan, saat ini di era IT KUA terus berbenah dan memperbaiki pelayanan pada masyarakat agar lebih baik lagi.

KUA garda terdepan Kemenag dan miniatur Kemenag, tingkat kecamatan menjadi sosok penting karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Peran penting KUA inilah menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan peningkatan pelayanan mutu layanan KUA (Simkah Web) yang berbasis IT ini dalam pelayanan pernikahan,” tandas Anif.

Ini dalam rangka mewujudkan KUA profesional dan berintegritas serta meningkatkan standar mutu pelayanan KUA terhadap masyarakat. “Untuk itulah peran dari seluruh komponen yang ada di KUA saling bekerja sama dalam rangka menuju pelayanan yang cepat dan tepat,” tutur Kakankemenag.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kemenag Klaten, Hartanto menyampaikan, dengan bimtek ini operator Simkah Web dan para perangkat desa yang menangani pernikahan semakin paham, mampu dan mengetahui terkait aplikasi ini.

“Selain itu dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam pendaftaran, pencatatan dan pengadministrasian nikah dan rujuk secara online melalui Simkah Web,” tutur Hartanto.(aj/Sua)