Kasi Penmad Kankemenag Sragen, H. Sutopo Berikan Pengarahan Program Sahabat Madrasah

Kankemenag Ajak Madrasah Tingkatkan Mutu Pendidikannya Melalui “Sinau Bareng MTsN 4 Sragen”

Sragen – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah telah menggulirkan program “Sahabat Madrasah”. Program tersebut dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan madrasah untuk mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat dan Kemenag Jateng Majeng. Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 9815/Kw.11.2/1/PP.00/08/2020 tertanggal 19 Agustus 2020 tentang Peningkatan dan Pemerataan Mutu Melalui Sahabat Madrasah. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu, daya saing, dan pemerataan Madrasah.

Memperhatikan program tersebut, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen bersama MTs Swasta se Kabupaten Sragen melaksanakan sinau bareng “Sahabat Madrasah”. Kegiatan diadakan di MTsN 4 Sragen, Rabu (26/01. Selain dihadiri Kepala MTs Swasta se Sragen juga dihadiri Ketua KKMI, Ketua K3MTs, Ketua K3MA, Pengawas MI dan pengawas MTs.

MTsN 4 Sragen menjadi rujukan karena telah memberikan inspirasi dan gambaran ke depan sebagai madrasah yang hebat bermartabat dan mandiri berprestasi. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Sragen, Sutopo, saat memberikan sambutan pembukaan.

“Sahabat Madrasah merupakan madrasah ataupun instansi yang dapat membantu dalam pengembangan madrasah. Untuk saat ini sahabat madrasah yang kita kunjungi MTsN 4 Sragen. Setelah kunjungan ini kami berharap dapat menggali dari segi kesiswaan, kurikulum, sarana prasarana, inovasi dan multi media,” ungkap Sutopo.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto menyambut positif kunjungan jajaran Kementerian Agama Kabupaten Sragen dan MTs Swasta se-Kabupaten Sragen. Dalam sambutannya Sumanto menyampaikan bahwa MTsN 4 Sragen siap membantu dalam pengembangan madrasah khususnya di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sragen.

“Dengan adanya program Sahabat Madrasah diharapkan dapat menjadi penyemangat madrasah – madrasah di kabupaten Sragen baik MI, MTs maupun MA. Alhamdulillah kami yang dikunjungi dapat menularkan apa yang menjadi keunggulan MTsN 4 Sragen sebagai madrasah berkarakter, madrasah riset, dan madrasah unggulan di bidang akademik dan non akademik sesuai dengan slogan kami, “Terus Bergerak Untuk yang Terdepan” sehingga mampu mewujudkan madrasah hebat bermartabat dan mandiri berprestasi berkelas Nasional,” ucap Sumanto.

“Mari kita bersama-sama mensukseskan program dari Pak Kakanwil. Terima kasih yang tak terhingga atas niat baik dari MTs Swasta se kabupaten Sragen untuk menjadi Sahabat Madrasah MTsN 4 Sragen. Semoga dengan terjalinnya kolaborasi yang harmonis antar madrasah ini, ke depan semua madrasah menjadi unggul dan lebih baik,” pungkas Sumanto.(jok-ir/Sua)