Kemenag Adakan Pendampingan EDM dan e-RKAM di 20 Madrasah

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan pendampingann pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (e-RKAM) di sejumlah madrasah.

Pendampingan ini dilaksanakan pada 12 Januari – 3 Februari 2022 di 20 Madrasah yang berlokasi di Kecamatan Sarang dan Sumber. Ke-20 madrasah tersebut adalah MTs Al-Madinah Sarang, MTs Miftahul Huda Sarang, MTs Sunan Bonang Sarang, MTs Hidayatul Mubtadiin Sarang, MTs Masyaul Huda Sarang, MIS Rohmaniyah Sarang, MIS Hidayatul Mubtadiin, MIS Mambaul Ilmin Nafi, MTs Manbaul Ilmin Nafi Sarang, MIS Al Anwar Sarang, MTs Al-Anwar Sarang, MTs AL Jaliliyah Sarang, MIS Al Jalilliyah Sarang, MIS Raudlatus Syibyan Sarang, MAS Al-Anwar, MAS Mambaul Sumber , MAS Miftahul Huda Sarang, MTs An-Nuraniyyah Sumber, MTs Islamiyah Sumber dan MTsN 4 Rembang.

Tim pendamping EDM dan e-RKAM Kemenag Rembang, Chaizatul Chasanah mengatakan, pendampingan ini sebagai tindak lanjut pasca Bimtek EDM dan E-RKAM beberapa waktu lalu. “Untuk memastikan pengisian EDM dan e-RKAM benar, maka kami adakah pendampingan lagi ke sejumlah madrasah,” kata Chaiza ketika diwawancara Kamis (13/1/2022) di ruang kerjanya.

Chaiza menjelaskan, EDM dan   e-RKAM adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di tingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Dengan EDM,  madrasah dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan  madrasah masing-masing. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas yang dituangkan dalam e-RKAM,” jelasnya. — iq/rf