Menag : Kemenag sebagai Payung Teduh Semua Umat Beragama

Demak – Kementerian Agama hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya. Demikian petikan pidato Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama (Kemenag) yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Demak, Ahmad Muhtadi, dalam upacara peringatan HAB Kemenag tingkat Kabupaten Demak tadi pagi, Senin (3/01/2022).

Hari ulang tahun Kemenag yang lebih populer dengan sebutan Hari Amal Bakti (HAB), jatuh pada tiap tanggal 3 Januari. Berbagai macam kegiatan diselenggarakan baik sebelum dan sesudahnya. Sebagai puncaknya hari ini Senin, 3 Januari 2022, Kemenag Demak menyelenggarakan Upacara Bendera.

Upacara dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag diikuti semua Pejabat Struktural beserta ibu dharmawanita, pegawai Kankemenag, Pengawas Madrasah/PAI yang absensinya di Kankemenag, serta sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Islamic Centre (STAIC) Demak yang tergabung dalam regu koor.

Acara dimulai sekitar pukul 07.15 WIB, sebagai pembina upacara, Kepala Kantor, Ahmad Muhtadi. Dengan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) warna biru dongker, serupa yang dikenakan oleh Kasi dan Penyelenggara, ia nampak berwibawa menjalankan tugasnya di tengah para peserta yang mengenakan pakaian putih hitam.

Upacara bendera peringatan HAB Kementerian Agama adalah momen yang sakral sekaligus membahagiakan bagi keluarga besar Pegawai Kementerian Agama. Terlebih bagi 12 orang PNS Kemenag Demak yang hari itu menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya  20 tahun (7 orang) dan Satyalancana Karya Satya 10 tahun (5 orang).  

Penghargaan juga diberikan ke sejumlah siswa dan guru berprestasi yang telah mengharumkan nama baik Kemenag Demak di tingkat nasional. Mereka adalah  Ziadah Salamatin Najah (siswa MAN Demak) dan Miftakhun Niam (siswa MA Al Irsyad Gajah) keduanya sebagai juara nasional Duta Harmoni, kemudian H. Subekan (Kepala MTs Al Irsyad Gajah) Juara 1 Kepala MTs terbaik nasional, Amirotul Azizah (Guru MIN 6 Demak) juara 2 nasional Anugerah Mahkamah Konstitusi, Ahmadun (Guru MTsN 3 Demak) juara harapan 1 nasional Anugerah Mahkamah Konstitusi, Saekudin (Guru PAI SMPN 1 Kebonagung) dan Ahmad Taufiq ( Guru PAI SMA N 1 Karangtengah) keduanya mendapat predikat Pelatih Nasional terbaik program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  Guru PAI.

Khotmil Quran dan Doa Bersama

Sementara itu, usai upacara semua peserta menuju ke aula Kemenag untuk bersama-sama membaca Al Quran. Sebagaimana yang disampaikan Kasubbag TU, Nur Fauzi, sebelum acara dimulai, bahwa kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh KUA dan madrasah se-Kabupaten Demak. “Sehingga estimasinya peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-76 tahun ini kita bisa mengkhatamkan Al Quran sebanyak 1.321 khataman,” ungkapnya optimis. “Mudah-mudahan berkat bacaan Al Quran ini Kementerian Agama selalu mendapat berkah dan pertolongan Allah SWT,” pintanya yang diamini seluruh yang hadir.

Akhirnya, acara hari itupun diakhiri dengan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ahmad Anas, selaku koordinator Seksi Tasyakuran dan Ziarah.(msr/rf).