Diusulkan, Taman Santri untuk Tingkatkan Minat Baca Santri

Rembang – Kepala KUA kecamatan Sarang, Sarifudin mengapresiasi Bupati Rembang yang menyetujui usulan pembangunan taman santri di kecamatan Sarang. Hal ini sebagaimana yang diusulkan oleh Pengasuh Ponpes Al-Anwar, Sarang, KH idror Maimun dalam acara Musrembangcam kecamatan Sarang dan penyusunan RKPD Kabupaten Rembang tahun 2023, Rabu (23/2/2022) di Sarang.

Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Rembang dan 4 anggota DPRD, seluruh SKPD, Muspika dan dinas instansi se-Kecamatan sarang. Hadir pula Kades se-kecamatan Sarang dan lainnya.

Sarifudin menyambut gembira atas perkenan Bupati yang menyatakan setuju atas pembangunan taman santri di Kecamatan Sarang, mengingat Sarang merupakan daerah santri.

“Taman santri ini untuk peningkatan SDM di Sarang yang notabene terdapat puluhan ribu santri. Dengan adanya taman santri, minat baca santri akan meningkat,” kata Sarifudin.

Peningkatan SDM

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan hal terkait dengan peningkatan SDM. Bupati juga menegaskan, Rembang harus keluar dari kemiskinan dan Pendidikan harus ditingkatkan. Selain itu juga menyampaikan tentang pembangunan ekonomi kreatif.

Sementara KH Idror Maimun menyampaikan usulan tentang pembangunan taman santri yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca santri. “Kalau mau maju harus mau meningkatan minat baca. Pemerintah bisa memfasilitasi tempat baca yang nyaman salah satunya taman santri,” tuturnya.

Gus Idror juga menekankan, mempertahankan NKRI adalah kewajiban seluruh warga, termasuk kiai dan santri. Bukan hanya TNI dan Polri. – sf/iq/rf