Guru Berperan Penting Dalam Membina Sikap dan Keterampilan Siswa

Klaten-Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan di awal tahun pelajaran 2022 Kantor Kementerian Agama yang dalam hal ini Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan kegiatan Rakor. Kegiatan dilaksanakan di Aula Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dengan mengundang seluruh Kepala Madrasah dari jenjang MI, MTs dan MA, Kamis, (24/2).

Kakankemenag Klaten Hariyadi mengatakan, tenaga pendidik sangat menentukan karakter siswa sebab guru sangat menentukan dalam hal pembinaan sikap siswa.

“Peran guru adalah ganda, disamping ia sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik. Untuk tercapainya tujuan tersebut, maka guru memegang peran penting. Oleh sebab itu guru disekolah tidak hanya sekedar mentrasferkan sejumlah ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya, tetapi lebih dari itu terutama dalam membina sikap dan ketrampilan mereka,” ungkap Hariyadi.

Kondisi saat ini dalam kondisi belum baik-baik saja, level kita naik , untuk itu mengharuskan diterbitkan instruksi gubernur  dan instruksi bupati, terakhir instruksi Bupati Nomor 7 tahun 2022, mendasarkan inmendagri Nomor 12 Tahun 2022 Kabupaten Klaten pada posisi level 3, untuk itu kita berkomitmen untuk menyelamatkan anak-anak didik kita dari pandemic covid-19.

“Di pundak bapak/ibu guru semua ada tanggung jawab yang sangat besar kita bersama terhadap anak didik. Seperti pepatah, kalu kita akan merancang hidup seratus tahun cukup kita menanam padi, akan tetapi kalau kita ingin merancang hidup terus sampai akhir hayat, maka tanamkan akal dan budi. Penanaman akal dan budi ini hanya bisa dilakukan di dunia,” tandas Hariyadi.

Pendidik menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan. Guru sebagai figur sentral dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar dan mengajar. Sehubungan dengan ini, setiap guru sangat diharapkan memiliki karakteristik kepribadian yang ideal.

Selanjutnya Kasi Pendidikan Madrasah Bakri menyampaikan beberapa hal terkait, persiapan pelaksanaan UM TP. 2021/2022, penjelasan seputar BOS TA 2022, penjelasan seputar simpatika dan EMIS.(sm_aj/Sua)