Kakankemenag Sampaikan 7 Program Prioritas Kementerian Agama Tahun 2022

Salatiga — Para Kepala Seksi/Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah serta pelaksana di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga mengikuti Sosialisasi Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 dan Evaluasi Serapan Anggaran DIPA 2021 di Aula Kantor, Jumat (18/02). Rapat dibuka oleh Kasubbag TU, H. Nurcholis dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman.

Pada tanggal 13 s.d 15 Februari 2022, Kepala Kantor mengikuti Rakernas Kementerian Agama RI Tahun 2022 melalui zoom meeting. Rapat dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dengan mengusung tema percepatan Transformasi Layanan Umat.

Dari hasil Rakernas, Taufiq menyampaikan beberapa point penting untuk diketahui seluruh ASN Kemenag Salatiga terkait dengan percepatan anggaran di tahun 2022 dan evaluasi serapan anggaran DIPA tahun 2021.

“Dalam melaksanakan pogram kegiatan dan anggaran, Menag menekankan 7 Program Prioritas Kemenag Tahun 2022, yaitu Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University. Seluruh satker termasuk madrasah dan KUA wajib untuk mensukseskan program tersebut,”jelas Taufiq.

Disampaikan pula 14 amanat Menteri Agama antara lain one organization mentality/satu mental organisasi, tegakkan kesetaraan, kecepat tanggapan, melakukan pengawasan berjenjang, pembinaan pegawai, kemenag mengemban mandat wajah negara, mengoptimalkan peran masing-masing di tahun 2022, semua upaya berorientasi pada layanan publik, kepuasan publik harga mati di Kemenag, menjunjung tinggi kode etik dan menjauhi perbuatan tercela, optimalkan serapan anggaran yang akuntabel, anggaran dihabiskan dalam waktu  bulan, semua ASN berkontribusi dalam penanggulangan covid, dan publikasi prestasi Kemenag.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing pengelola satker melaporkan serapan DIPA Tahun 2022 per bulan Februari dan evaluasi serapan DIPA Tahun 2021.(Humas_Fitri-Khusnul/Sua)