UPZ Kemenag Demak Tasyarufkan 2.400 Paket Zakat ke Mustahiq 

Demak – Kepala Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi, mentasyarufkan zakat dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Demak untuk ashnaf fakir, miskin dan sabilillah di Dukuh Curug, Desa Margohayu, Kecamatan Karangawen, Rabu (9/02/2022).

Kegiatan itu merupakan satu diantara 15 kegiatan pentasyarufan yang direncanakan oleh UPZ Kemenag Demak. Menurut rencana sebanyak 2.400 paket, meliputi 1.800 paket untuk fakir miskin dan 600 paket untuk sabilillah, akan ditasyarufkan ke 15 tempat yang tersebar di 14 wilayah kecamatan se-Kabuapten Demak, yang mana di setiap tempatnya mendapat jatah 160 paket . Kegiatan dijadwalkan mulai tanggal 7 sampai dengan 11 Februari 2022.

Setelah dua hari sebelumnya berturut-turut mentasyarufkan di wilayah Kecamatan Bonang dan Guntur, hari Rabu kemaren (9/02/2022), Kepala Kemenag Demak didampingi Kasi PHU, Kasi Penma dan Kepala KUA Kecamatan Karangawen, mentasyarufkan 120 paket zakat untuk fakir miskin dan 40 paket zakat untuk sabilillah  di Dukuh Curug, Desa Margohayu, Kecamatan Karangawen.

Acara penyerahan berlangsung di serambi Masjid Baitul Muttaqin dihadiri Kepala Desa beserta jajarannya. Nampak tertata dengan rapi 160 paket zakat dikemas dalam sebuah tas kresek besar warna putih di hadapan para mustahiq yang telah hadir lebih dulu. Begitu rombongan Kepala Kantor tiba di tempat, acarapun segera dimulai.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak beserta rombongan. Sungguh kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dan kepeduliannya, sehingga hari ini Bapak kerso rawuh menyerahkan bantuan zakat bagi warga kami,” ucap Kepala Desa dalam sambutan. Ia menuturkan bahwa bantuan zakat yang akan diberikan hari itu sangatlah berarti bagi warganya, terutama bagi fakir miskin yang keadaan ekonominya dirasa paling terdampak akibat wabah pandemi Covid-19.

Usai sambutan Kepala Desa, Kepala Kemenag pun berkenan memberikan sambutan. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan maksud dan tujuannya hadir pagi itu. “Kulo sak rombongan dugi wonten mriki sepisan kanti niatan silaturohim,” ungkapnya dalam bahasa Jawa. “Selanjutnya kami diamanati oleh UPZ Kemenag Demak untuk menyerahkan zakat  dari teman-teman PNS Kemenag Demak ke panjenengan.  Walaupun tidak sebarapa, mudah-mudahan dapat membantu meringankan kebutuhan pokok panjenengan sedoyo,”harapnya. 

Seakan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang baik itu, Ahmad Muhtadi juga menginformasikan  ke warga yang hadir seputar pelayanan haji, madrasah dan lainnya. Termasuk tentang rencana pembangunan Asrama Haji Jawa Tengah yang akan dibangun di Dukuh Daleman, Desa Gemulak, Kecamatan Sayung,  yang saat ini masih dalam tahap pengusulan. Tak lupa ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan agar tetap sehat terhindar dari Covid-19. Apalagi saat ini ada varian baru, yaitu Omicron, yang mempunyai daya tular lebih hebat dari varian sebelumnya.

Usai sambutan,  acara dilanjutkan penyerahan zakat secara simbolik kepada sabilillah dan fakir miskin oleh Kepala Kantor dan Kepala Desa. Selain itu, Ahmad Muhtadi juga menyerahkan bantuan dana dari Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Demak sebesar 5 juta rupiah kepada Ketua Takmir masjid setempat. Selanjutnya,  proses penyerahan zakat dilanjutkan sepenuhnya oleh para Penyuluh Agama PNS maupun non PNS.(msr/rf).