Bupati Sragen Tandatangani Dukungan Pembangunan Zona Integritas Kankemenag Sragen

Sragen – Perwujudan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi adalah salah satu reformasi birokrasi pemerintah yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen. Keberhasilan Kankemenag Sragen sebagai salah satu piloting project Zona Integritas (ZI) di Jawa Tengah merupakan cita cita dan tantangan.

Sebagai bukti keseriusan dalam perwujudan zona integritas di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, Selasa, 15 Maret 2022 diadakan pencanangan pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi. Pencanangan diadakan di Aula PLHUT Kankemenag Sragen dengan dihadiri Bupati Sragen dan Forkopimda.

Dalam laporannya, Kankemenag Sragen, H. Ihsan Muhadi menyampaikan bahwa untuk mempercepat roadmap reformasi birokrasi perlu dibangun ZI pada setiap unit kerja yang melayani masyarakat yang selanjutnya bisa menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Kankemenag Sragen sudah melewati tahapan penilaian mandiri dan penilaian internal sehingga selanjutnya akan dinilai dari eksternal dari Kementerian PAN & RB. Keberhasilan ini adalah tantangan bagi kami. Tentu akan berat dan butuh dukungan semua pihak, namun kami berkomitmen untuk dapat meunju WBK dan WBBM,” kata Ihsan Muhadi.

“Langkah pembangunan zona integritas sudah kita mulai, setiap hari melalui apel pagi selalu kita dorong dan pompa semangat dan kesadaran ASN Kankemenag Sragen untuk melaksanakan lima nilai budaya kerja dan berkomitmen dalam pelaksanaan zona integritas,” tambah Kakankemenag.

Sementara itu Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam arahannya menyampaikan bahwa mulai tahun 2015 memimpin Sragen sesuai dengan janji saat kampanye selalu berkomitmen untuk menjunjung tinggi integritas pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen.

“Saat ini era pejabat dan ASN minta dilayani sudah tidak pantas, kita adalah pelayan masyarakat, kita harus berikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Saya minta ke semua ASN, termasuk ASN di Kemenag untuk bekerja dan berkarya untuk masyarakat Sragen. Kepada jajaran Kankemenag Sragen, saya ucapkan selamat dan bersyukur atas pencanangan ini. Walaupun butuh kerja keras dan kerjasama semua pihak, saya harap Kankemenag Sragen buktikan bisa memperoleh penghargaan dalam zona integritas ini,” pesan Mbak Yuni, panggilan akrab Bupati Sragen.

“Setelah pencanangan ini jangan berhenti, harus menuai hasil yang diharapkan. Lanjutkan pencanangan ini dengan sikap dan tindakan sesuai dengan pencanangan ini,” lanjut Bupati.

Terakhir, Bupati Sragen titip pesan untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat terutama menjelang Ramadhan ini agar protokol kesehatan tetap dijaga, ASN harus bisa menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

Usai pengarahan, Bupati Sragen dan Forkopimda melakukan penandatanganan dukungan pembangunan zona integritas di Kankemenag Sragen.(irwn/Sua)