Kemenag Demak Laksanakan “Gowes” sambil Berbagi

Demak – Tanggal 28 Maret ditetapkan Pemerintah Kabupaten Demak sebagai Hari Jadi Kabupaten Demak. Tak ayal, setiap menjelang tanggal tersebut berbagai kegiatan diadakan dalam rangka untuk memeriahkannya. Seperti kegiatan “Gowes” hari ini, Jumat (18/03/2022) adalah  salah satu rangkaian kegiatannya.

“Gowes” sendiri adalah istilah yang diperuntukkan bagi olah raga bersepeda. Yang mana dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Demak ke-519 tahun ini kembali digelar. Mengingat kondisi masih suasana pandemi, maka kegiatannya tidak dipusatkan dalam satu titik.

“Nanti masing-masing instansi dipersilahkan menyelenggarakan kegiatan gowes. Rutenya monggo ditentukan sendir-sendiri,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih Setyono, dalam suatu rapat lintas instansi yang membahas persiapan peringatan Hari Jadi Demak beberapa hari yang lalu.

Dan hari ini, Jumat (18/03) Kepala Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi,  bersama Forkopimda, Sekda, Kepala Bagian, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Instansi Vertikal lainnya mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Demak mengikuti kegiatan “gowes” yang start dan finsihnya di halaman pendopo kabupaten. Rombongan “gowes” para pejabat itu dilepas sendiri oleh Bupati Demak, Hj. Eisti’anah tepat pada pukul 7 pagi.

Sementara itu, Kemenag Demak sendiri pelaksanaan “gowes” nya dilaksanakan usai apel pagi. “Sebagaimana surat edaran dari Setda Kabupaten Demak,  pagi ini Bapak/Ibu yang membawa sepeda dipersilahkan mengikuti “gowes” dengan rute yang telah kita share di grup WA. Dan yang tidak membawa sepeda dipersilahkan olahraga jalan sehat seperti biasanya,” ucap Kasubbag TU, Nur Fauzi, memberi petunjuk pada saat apel pagi.

Adapun rute yang diambil adalah dari kantor Kemenag menuju arah selatan ke jalan Sultan Fatah, lalu menuju Alun-alun berlanjut ke arah jalan Pendopo Kabupaten, ke utara menuju ke jalan Pemuda, ke arah barat melintasi jalan Sultan Hadiwijaya, dan finish kembali di kantor Kemenag. Menariknya, di sepanjang rute yang dilalui, para peserta “gowes” membagikan puluhan bingkisan berisi kebutuhan pokok kepada para tukang becak yang dijumpai.

“Ini dari kami Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Walaupun tidak seberapa mohon diterima,” ucap Kasubbag TU setiap kali menyerahkan. Begitu menerima bingkisan ini terpancar kebahagiaan serta keharuan diwajahnya disertai ucapan terimaksih berkali-kali. “Matur nuwun –matur nuwun mugi-mugi berkah nggih Pak,” ucapnya dengan bahasa Jawa.(msr/rf)