MIN 2 Rembang Studi Tiru Adiwiyata ke MIN 1 Kendal

Kendal — Dalam rangka mempersiapkan dan memantapkan langkah menuju Sekolah Adiwiyata Kabupaten, MIN 2 Rembang melakukan Studi Tiru ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal pada Rabu (2/3/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, dari pihak MIN 1 Kendal, Kepala MIN 1 Kendal Subiyono, beserta seluruh TIM Adiwiyatanya dan seluruh Guru Karyawan, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kendal Mukh. Muslikhan dan Pengawas Pembina MIN 1 Kendal Nurul Khotimah.

Sementara dari MIN 2 Rembang Kepala Madrasah Badrudin beserta seluruh Guru dan Karyawan, dan Kasi Pendma Kemenag Rembang, Sya’dullah serta Pengawas Pembina Abdul Aziz.

MIN 1 Kendal telah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten, bahkan sebagai SAK terbaik Kab. Kendal. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 08.00 hingga 14.00 WIB itu meliputi diskusi, sharing gagasan serta peninjauan lingkungan madrasah yang sudah dibagi dalam beberapa tim.

Dalam sambutannya, Kepala MIN 1 Kendal menyampaikan ucapan selamat datang kepada pihak MIN 2 Rembang. Lebih lanjut Subiyono  menegaskan, penghargaan yang telah diraih sebagai Sekolah Adiwiyata terbaik Kabupaten Kenda pada tahun 2021 merupakan hasil dari perjuangan yang keras, kekompakan dan konsistensi dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan dan PBLHS.

Dimulai dari tingkat Madrasah dan peran aktif dari Komite, masyarakat, dan ibu ibu PKK. Selain itu kerja keras dimulai dengan menjalin komunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup. Informasi dan bimbingan yang diterima kemudian diterapkan di madrasah.

“Pentingnya komponen perencanaan seperti penyusunan IPMLH, EDM, RKJM maupun RKTM dan RKAM. Setelah disetujui oleh dinas LH, barulah dimulai proses pelaksanaan yang meliputi kegiatan PBLHS sesuai identifikasi potensi dan masalah yang disusun sebelumnya, “ ujar Subiyono

Lebih lanjut Subiyono menjelaskan hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah dokumentasi setiap kegiatan baik berupa foto, video, maupun data lainnya.

“Berkat kerja keras dan konsistensi itulah MIN 1 Kendal berhasil menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten terbaik satu,” tuturnya bangga.

Yang menggembirakan lagi, Subiyono juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan diri menuju sekolah Adiwiyata Provinsi.

 Setelah berdiskusi banyak dengan Kepala MIN 1 Kendal serta guru, Badrudin mengungkapkan rasa terima kasihnya yang sangat mendalam.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Subiyono dan seluruh bapak/ibu guru MIN 1 Kendal yang telah memberikan banyak sekali ilmu, informasi, wawasan serta inspirasi kepada kami. Terutama terkait dengan ke-Adiwiyata-an ini dan tata kelola Madrasah lainnya. Dengan ini kami juga mohon doa dan dukungan agar MIN 2 Rembang bisa mewujudkan harapan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten  Rembabg,” tutur Badrudin.

Hal senada juga disampaikan oleh Sya’dullah. Ia memberikan pujian kepada MIN 1 Kendal atas konsistensinya melaksanakan PBLHS hingga saat ini. Menurutnya, hal tersebut bisa dilihat dari kondisi madrasah yang sejuk, rindang, asri serta nyaman. Tampak di beberapa sudut hasil pengolahan sampah, serta yang paling menarik adalah adanya kolam Syar’i dan integrasi  kolam  aquaponik di lingkungan madrasah. Semua yang disaksikan di MIN 1 Kendal tentu akan menjadi inspirasi bagi MIN 2 Rembang untuk terus bergerak mencapai cita-cita. – aziz/iq/rf