MTsN 4 Rembang Gelar Tes Tengah Semester Berbasis IT

Rembang – MTs N 4 Rembang mulai mengalihkan penyelenggaraan tes tengah semester dari PBT (Paper-Based Test) menjadi CBT (Computer-Based Test). CBT ini menggunakan Android Based Test.

Aplikasi yang digunakan untuk CBT ini adalah Candy CBT, yaitu Aplikasi website untuk melaksanakan ujian berbasis online. Aplikasi ini cocok digunakan untuk melangsungkan ujian bagi siswa SMP dan SMA/SMK sederajat. Uniknya, tampilan Candy CBT dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan untuk melaksanakan ujian online.

Keunggulan penggunaan CBT ini yaitu mudah dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan tes berbasis komputer, instansi pendidikan bisa mengurangi penggunaan kertas dan alat tulis yang nantinya juga berpengaruh pada keramahan lingkungan.

Hal ini relevan dengan visi dan misi program adiwiyata MTs N 4 Rembang yaitu Green School dengan mengedepankan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Pelaksanaan Tes tengah semester ini ditujukan untuk kelas 7 dan 8. Pelaksanaan pada 14-22 Maret 2022 di mulai pukul 07.00-08.15 WIB dan dilanjutkan pukul 08.30-09.30 WIB untuk shift 1. Sedangkan siswa yang masuk untuk shift 2 yaitu di mulai pukul 10.00 WIB-Selesai.

Guru Komputer MTs N 4 Rembang, Indah mengatakan, banyak keunggulan menggunakan tes bebasis IT. Di antaranya yaitu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, menghemat anggaran, menghemat waktu dan tenaga guru dalam proses persiapan dan sesudah ujian dan penilaian,  memudahkan siswa saat mengerjakan ujian, dan menjaga kelestarian bumi. Selain itu hasil ujian menjadi lebih cepat dan akurat.

“Sebelum pelaksanaan tes semua android siswa dikumpulkan dan diintegrasikan dengan aplikasi Candy. Beberapa hambatan yang terjadi adalah ada beberapa Android yang kurang support dan wifi atau jaringan seluler kadang lemah,” ungkap Indah ketika diwawancara Senin (21/3/2022).

Indah menambahkan, untuk mengatasinya beberapa kendala saat tes, kita (panitia) telah menyiapkan Google Form sebagai alternative jika server down.

Siswa kelas 7 Andini Putri mengungkapkan perasaan senangnya dengan sistem Android Based Test, karena lebih praktis dan tidak lagi diperlukan perlengkapan alat tulis seperti pengahapus, tipe-ex, pensil dan lain-lain. Di samping itu juga nilainya langsung diketahui pasca Tes dan menjadikan kita lebih melek IT.  – dwi/iq/rf