Gapai Kemuliaan Ramadan, Pegawai Kemenag Demak Awali Aktifitasnya dengan Tadarus Al-Qur’an

Demak – Bulan Ramadan telah tiba. Beragam kegiatan keagamaan mulai semarak diadakan. Dari jamaah shalat tarawih, tadarus Al-Qur’an, pengajian/ceramah agama, hingga buka bersama digelar di hampir semua masjid dan  mushala. Tak terkecuali Masjid Al-Ikhlas yang berada di kompleks Kantor Kemenag Demak juga menggelar kegiatan yang serupa.

Sebagaimana tahun sebelumnya,  tahun ini pun Kemenag Demak kembali mengadakan kegiatan tadarus Al-Qur’an. Kegiatan dilaksanakan setiap pagi sebelum aktifitas rutin kantor dimulai. Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai Kemenag bertempat di serambi masjid Al-Ikhlas.

“Guna menggapai kemuliaan bulan Ramadan serta untuk meningkatkan amal ibadah di bulan penuh berkah ini, maka selama satu bulan penuh kita akan melaksanakan Tadarus Al-Qur’an,” kata Kasubbag TU, Nur Fauzi, dalam suatu kesempatan. Kegiatan Ini, tambahnya, merupakan sebagai ganti dari apel pagi yang setiap hari dilaksanakan.

Tadarus Al-Qur’an sendiri dilaksanakan setiap hari kerja  mulai pukul 08.00 WIB dan selesai kurang lebih 20 menit setelahnya. Seperti hari ini, Kamis (7/04/2022), dengan duduk bersila sembari bersandar ke dinding masjid, nampak para pegawai Kemenag dengan khusuk membaca Al-Qur’an. Dengan jumlah pegawai sebanyak 50 orang, diperkirakan setiap 4 hari sekali akan menghatamkan satu kali khataman.

“Estimasinya, selama bulan Puasa ini kita akan mengkhatamkan minimal 7 kali khataman,” ujar Kasi Bimas Islam, Ali Sugiyanto, Senin yang lalu saat hari pertama pelaksanaan kegiatan ini. 

Sebagai informasi, selain kegiatan tadarus Al Qur’an, di bulan Puasa tahun ini juga diadakan kegiatan pengajian/ceramah agama. Kegiatan dilaksankan setiap bakda shalat subuh, zuhur dan asar. Yang mana pengajian bakda shalat zuhur diampu para  pejabat struktural, sedangkan pengajian bakda shalat asar dan subuh diampu para Penyuluh Agama Islam PNS dan non PNS secara bergantian. (msr/rf).