Jelang Libur Lebaran, MAN 2 Rembang Gelar Khotmil Quran

MAN 2 Rembang — Kegiatan pembelajaran akhir Ramadan dan menjelang lebaran telah usai. Untuk menyambut momen tersebut, MAN 2 Rembang menggelar kegiatan Khotmil Qur’an pada hari Kamis (28/4/2022) di aula madrasah.

Hadir pada kesempatan itu, pengawas madrasah, Nur Kholis, Kepala MAN 2 Rembang, wakil kepala madrasah beserta seluruh dewan guru. Kegiatan ini diinisiasi oleh Unit Majelis Muta’allimil Qur’an (MMQ).

Kepala MAN 2 Rembang, H. Kasnawi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai lanjutan dari khotmil qur’an yang telah dilakukan sebelumnya. Ia berharap, MMQ sebagai wadahnya bisa terus berkembang. Program tahfidz serta kitab kuning diharapkan bisa bersinergi dengan MMQ.

“Program tahfidz tidak hanya untuk kelas khusus saja, harapannya ada anggota dari kelas lain. Pengembangan program keagamaan ini merupakan ikhtiar kita untuk nguri-nguri budaya dari pada pendahulu,” ujar Kasnawi.

Sementara itu koordinator MMQ, Nurhaqiqi dalam sambutannya melaporkan tentang perkembangan MMQ. Dari 225 siswa kelas X yang mengikuti program ini, baru 123 siswa yang lulus. 81 siswa lulus melalui uji kompetensi bacaan atau UKB, sementara 21 siswa telah menyelesaikan tadarus 10 juz.

“Sementara uji kompetensi hafalan kelas XI sudah 434 dari 444 siswa dinyatakan lulus. Untuk MMQ masih ada waktu 23 hari. Untuk itu kami mohon pendampingan bisa lebih efektif di sisa waktu ini,” kata Nurhaqiqi.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan tawassul, pembacaan surat-surat pendek Al-Qur’an, dan diakhiri do’a Khotmil Qur’an. “Semoga di akhir bulan Ramadan ini mendapatkan berkah bagi seluruh keluarga besar MAN 2 Rembang,” pungkas Nurhaqiqi. – huda/iq/rf