Kemenag Demak Selenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Demak – Menyongsong pelaksanaan ibadah haji 2022 yang semakin dekat, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Demak menyelenggarakan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Demak, Selasa (24/05).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada calon jemaah haji tentang ilmu manasik haji.  Dengan tujuan usai mengikuti kegiatan itu mereka mampu menguasai tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar. Sehingga harapannya seluruh calon jemaah dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Demak, Hj. Eisti’anah didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Demak. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Demak, Sekretaris Daerah, Ketua MUI, Kepala Dinas terkait, dan Kepala KUA se-Kabupaten Demak.

Sebelum acara dibuka secara resmi oleh Bupati, Kepala Kemenag, Ahmad Muhtadi, menyampaikan laporan pelaksanaan manasik haji hari itu. “Sesuai data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), calon jamaah haji Kabupaten Demak tahun 1443 H / 2022 M yang telah melakukan konfirmasi pelunasan dan berhak mengikuti manasik haji sebanyak 609 calon haji,” ungkapnya.

Dalam laporan tersebut, ia juga menjelaskan mengenai rangkaian bimbingan yang harus diikuti oleh seluruh calon jemaah haji. Yang mana bimbingan ibadah haji tingkat Kabupaten Demak sendiri akan dilaksanakan dua kali, hari ini dan Minggu 29 Mei. Sedangkan untuk tingkat kecamatan akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 25 hingga 28 Mei 2022.

Usai laporan Kepala Kemenag, Bupati Demak berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Dalam pembukaannya, Bupati memberikan ucapan selamat kepada seluruh calon jemaah haji. “Selamat kepada panjenengan semua yang telah terpilih menjadi calon tamu Allah, semoga nanti dalam pelaksanaannya diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah hajinya,” harap Bupati yang diamini oleh seluruh calon jemaah haji.

“Saya titip Doa kepada panjenengan semua, titip doa untuk Kabupaten Demak biar warganya semakin sejahtera,” kata Bupati menutup sambutannya.

Setelah acara dibuka oleh Bupati, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang teknis dalam pelaksanaan manasik haji yang disampaikan oleh Ahmad Muhtadi bersama Kasubbag TU, Nur Fauzi, yang begitu antusias diikuti oleh seluruh peserta.(msr/rf)