Kepala Kemenag Demak Berikan Bimbingan Perkawinan Kepada Calon Pengantin

Demak – Seksi Bimas Islam Kemenag Demak kembali selenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan (Binwin) Pra Nikah bagi calon pengantin. Dan Rabu kemarin Rabu,(11/05) adalah jadwal pertama pelaksanaannya. Kegiatan diselenggarakan di wilayah Kecamatan Guntur bertempat di ruang pertemuan KUA setempat.

Kegiatan diikuti oleh 15 pasang calon pengantin atau 30 orang peserta yang berlangsung selama dua hari. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ali Sugiyanto selaku Kasi Bimas Islam di kesempatan yang berbeda menjelaskan, bahwa kegiatan itu adalah bertujuan untuk membekali para pasangan calon pengantin agar disaat mereka berumahtangga nanti mampu mewujudkan keluarga yang kokoh dan  tangguh serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mewujudkan keluarga yang bahagia sehat dan berkualitas.

Untuk itu, selama dua hari para peserta akan mendapat pembekalan dari para nara sumber baik dari Kemenag maupun dari Dinas Kesehatan. Selain itu mereka juga mendapatkan buku gratis tentang fondasi keluarga sakinah yang tentunya akan bisa menambah ilmu dan wawasan mereka terkait perkawinan dan rumah tangga.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi yang berkesempatan hadir sebagai nara sumber, menjadi pemateri pertama. Sebagai orang yang pernah memiliki latar belakang  sebagai guru, ia kelihatan asik menyampaikan materinya di hadapan para peserta. Seakan kembali menemukan dunianya yang telah belasan tahun ia tinggalkan.

“Dari sekian peserta, apakah ada yang sudah punya pengalaman menjadi pengantin ?” tanyanya kepada para peserta agak berkelakar. “Untuk membangun sebuah rumah tangga itu Anda harus sudah siap lahir, sudah siap batin, sudah siap mental. Dan yang penting lagi nikah itu ibadah, maka bekali dengan ilmunya,” ujarnya.

Ditengah-tengah pemaparan materinya, ia mengajak pasangan calon pengantin untuk mengutarakan harapan keluarga yang akan dibangun kedepannya. Lalu tak lupa menitipkan pesan agar seluruh peserta menghormati kontrak belajar yang telah dibuat dan disepakati bersama.

Usai penyampaian materi yang pertama, dilanjutkan ke materi selanjutnya yang disampaikan dr. Hj. Olivia Zulva dari Puskesmas Guntur. Ia mengangkat judul “Menjaga Kesehatan Reproduksi.” Dalam kesempatan itu ia menjelaskan secara detail bagaimana menjaga kesehatan reproduksi. Sebuah materi yang sangat menarik. Terbukti, belum juga usai Olivia memaparkan, berkali-kali peserta bertanya atau sekedar berekasi dengan tertawa malu-malu.(msr/rf).