081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Klaten Berangkatkan 493 Calon Jamaah Haji Tahun 1443H/2022M

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Setelah mengalami penundaan selama dua tahun akibat pandemi Covid 19, pemerintah Indonesia mengumumkan akan memberangkatkan calon jemaah haji dengan kuota 100.051 pada musim haji tahun 1443 H/2022 M, ntuk Kabupaten Klaten mendapatkan alokasi 493 jamaah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Klaten, Haryadi, saat pembukaan manasik haji tingkat Kabupaten Klaten di Gedung Pertemuan Al Mabrur Klaten, Senin (23/5). Hariyadi menyebutkan jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tersebut sesuai aturan Pemerintah Pusat yang disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Karena masih adanya pembatasan oleh Arab Saudi, jumlah jamaah asal Klaten yang diberangkatkan tahun ini tidak sampai setengah jumlah jamaah haji tahun-tahun sebelumnya. Namun pemerintah tetap berusaha mempersiapkan kebutuhan jamaah semaksimal mungkin,” ungkap Haryadi.

Adapun calon jamaah yang diberangkatkan merupakan calon jamaah yang sudah melunasi pembayaran biaya haji, hal ini menyesuaikan syarat Pemerintah Arab Saudi terkait batas usia jamaah, yakni di bawah 65 tahun.

“Jadi yang menentukan bukan Pemerintah Pusat, bukan Kemenag, tapi dari Pemerintah Arab Saudi, maka kami hanya menyesuaikan,” tandas Hariyadi.

Sementara itu Bupati Klaten, Sri Mulyani yang hadir untuk membuka manasik haji tingkat Kabupaten Klaten, meminta calon jamaah haji untuk fokus pada persiapan pelaksanaan ibadah di Tanah Suci, baik secara fisik maupun rohani. Sementara untuk persiapan teknis, ia meminta calon jamaah percayakan sepenuhnya kepada pemerintah.

“Meskipun informasi dari Pemerintah Arab Saudi mendadak, tapi Pemerintah Indonesia melalui Kemenag telah mempersiapkan segala fasilitas penunjang untuk jamaah sekalian dengan maksimal. Tidak perlu khawatir, cukup fokus pada persiapan ibadah di sana. Jaga kesehatan, jasmani dan rohani, persiapkan dengan matang agar bisa beribadah dengan maksimal saat di Tanah Suci,” kata Sri Mulyani

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menitipkan pesan kepada calon jamaah haji untuk mendoakan masyarakat Kabupaten Klaten semakin makmur dan sejahtera.(aj/Sua)