Maksimalkan Persiapan Pemberangkatan, Staf Hajum Lembur Hingga Malam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kuota haji untuk Kabupaten Rembang tahun ini telah ditetapkan oleh Kemenag RI. Sebagai persiapan, seluruh staf Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Rembang mengoptimalkan persiapan. Tak tanggung-tanggung, sejak diumumkan keberangkatan haji pada akhir April 2022 lalu, seluruh staf rela kerja lembur hingga malam hari.

Kepala Seksi PHU Kemenag Rembang, Zuhri pun turut turun tangan. Bagi Zuhri, seluruh staf haji harus memiliki mental pelayan dan pekerja. “Haji adalah pelayanan umat. Kita melayani tamu Allah. Oleh karena itu, kita harus maksimal dalam bekerja. Dalam hal ini, tidak ada kata ‘atasan dan bawahan’, ataupun ‘bos dan anak buah’. Semua harus memposisikan diri sebagai pekerja,” kata pria asal Kecamatan Sedan ini.

Zuhri tak jarang melayani tamu yang akan mendaftar haji. “Petugas pendaftaran kebetulan sedang mendapatkan tugas rapat haji di luar kota. Maka saya harus turun sendiri untuk melayani pendaftar haji,” kata mantan Kepala KUA Sarang I ini Kamis,(19/5).

Sementara sebagai persiapan pemberangkatan haji tahun ini, seluruh staf PHU sering lembur hingga larut malam. Verifikasi data harus dilakukan dengan teliti. Misalkan mengecek kesesuaian data antara KTP, paspor dan data di aplikasi Pelindungdiri. “Kami beberapa kali menemukan ketidaksesuaikan data. Ini yang harus kita atasi,” ujar Zuhri.

Belum lagi, ada beberapa jemaah haji yang sudah mendapatkan kuota berangkat tahun ini, namun akhirnya mengundurkan diri. Alasannya, jemaah tersebut tidak bisa berangkat bersama pasangannya yang sudah berusia di atas 65 tahun. Sebagaimana ketentuan pemerintah Arab Saudi, jemaah berumur lebih dari 65 tahun belum diperbolehkan berangkat tahun ini.

Padatnya persiapan haji ini ditambah dengan koordinasi lintas sectoral, yaitu Pemerintah Kabupaten Rembang. Pemkab sendiri akan memfasilitasi pemberangkatan calon jemaah haji dari Rembang menuju embarkasi Solo.

Zuhri berharap, dengan persiapan yang maksimal, pemberangkatan haji akan berjalan dengan lancer. “Kami meminta doa agar selalu diberikan Kesehatan untuk persiapan pemberangkatan jemaah haji ini,” pinta Zuhri. — iq/rf