Optimalisasi Penguatan Karakter, MAN 2 Sragen Selenggarakan Capacity Building

Sragen – Berkembangnya suatu organisasi dan dapat senantiasa beradaptasi dengan perubahan adalah suatu keniscayaan. Oleh karena itu, pembangunan kapasitas (capacity building) Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang mutlak harus berjalan dengan baik. Capacity building yang dimaknai sebagai proses meningkatkan pengetahun, sikap dan keterampilan dari SDM perlu digalakkan. Dalam rangka itulah, MAN 2 Sragen pada Rabu-Kamis, 22 dan 23  Juni 2022, melaksanakan pelatihan capacity building bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan secara indoor dan outdoor di Meeting Room Resto Ayam Sako, Sragen.

Drs. Langgeng, M.Pd, ketua tim pengembang MAN 2 Sragen, selaku ketua panitia dalam kegiatan tersebut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelum lebih jauh berdiskusi tentang pembangunan kapasitas SDM terlebih dahulu perlu direfresh tentang penguatan karakter.

“Pembangunan karakter pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Sragen menjadi hal mutlak sebelum pembangunan kapasitas,” tutur Langgeng.

“Setelah karakter terbentuk dengan kuat , maka akan mudah menerima dan beradaptasi dengan segala perubahan jaman,” lanjutnya.

Pelatihan pembangunan kapasitas yang bertajuk Penguatan Karakter Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Sragen tersebut menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sragen, H. Ihsan Muhadi, S.Ag., M.Si dan Bambang Nugroho (behavior Terapist), Motivator Nasional dari Semarang sebagai narasumber.  Dalam kegiatan tersebut, Ihsan Muhadi menyampaikan materi tentang optimalisasi penerapan budaya kerja kementerian agama, dan Bambang Nugroho menyampaikan materi tentang capacity building; penguatan karakter pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Sragen.(Isal/Sua)