DWP Kemenag Klaten, Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

Klaten-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Sadanis Gratis untuk mendeteksi dini kanker serviks dan payudara di Puskesmas Jogonalan I, Rabu, (10/8).

Ketua DWP Kemenag Klaten, Patmiyarti Hariyadi mengatakan, Tes IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan di Puspkesmas Jogonalan.

“Kegiatan ini merupakan program yang sudah dicanangkan DWP Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu pelaksanaan tes IVA dan Sadanis secara gratis dan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,” tandas Patmiyarti.

Patmiyarti berharap program ini dapat berkelanjutan, sehingga wanita, terutama anggota Dharma Wanita dan masyarakat umum dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit yang lebih serius dan lebih membahayakan.

“Alhamdulillah DWP Kemenag Klaten dapat menyelenggarakan kegiatan ini dengan menggandeng Puskesmas Jogonalan 1 Klaten dan diikuti oleh 54 peserta. Kita harus memperhatikan apa yang mungkin menjadi masalah dalam kehidupan seorang ibu, maka salah satunya kita harus mampu mengantisipasi adanya penyakit seorang ibu atau seorang wanita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua DWP Kemenag Klaten menyampaikan, kanker serviks dan payudara menjadi penyakit utama penyebab kematian di lingkungan ibu-ibu. Jadi tidak dalam rangka menakut-nakuti, tetapi justru menumbuhkan kesadaran kita bahwa diri kita berharga.

“Kanker serviks dan payudara sangat berbahaya dan harus diwaspadai sejak dini. Meski demikian, ini dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat. Deteksi dini kanker serviks dan payudara bisa dilakukan dengan Tes IVA dan Sadanis ini,” imbuhnya.(aj/Sua)