Baznas Salatiga Gelar Gerakan Cinta Zakat

Salatiga — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Gerakan Cinta Zakat pada Kamis (15/09) di Ruang Pertemuan Kaloka Gd. Setda Lt 4 . Kegiatan yang diprakarsai oleh Bagian Kesra Pemerintah Kota Salatiga tersebut sekaligus untuk mensosialisasikan Surat Edaran tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) melalui Baznas. Tampak hadir Pj Walikota, Kakankemenag, Sekda, Asisten 1 Pemerintahan & Kesra, Ketua dan Pengurus Baznas Kota Salatiga, Baznas Provinsi, Pimpinan forkopimda, para Kepala Dinas beserta Bendahara Pengeluaran, Instansi vertikal,serta kepala BUMD.

Ketua Baznas Jateng,  Dr KH Ahmad Darodji menyampaikan bahwa zakat merupakan bagian dari rukun islam yang keempat, setelah Syahadat, Sholat, dan Puasa. Dengan menjalankan zakat, maka akan semakin sempurna ibadah seseorang dalam menjalankan perintah agama. “Tidak ada yang jatuh miskin dengan mengeluarkan zakat. Karena dengan zakat, sejatinya dapat mensucikan harta kita dari dosa. Dengan zakat, InsyaAllah kita akan mendapat limpahan keberkahan dan bertambah rejeki kita.” Jelas KH Darodji.

Pernyataan tersebut, didukung dan disambut baik oleh  Pj. Walikota Salatiga, H. Sinoeng Nugroho Rachmadi. Beliau mendukung 100% ASN Pemkot Salatiga menyetor Zakat Infak Sedekah (ZIS) melalui Baznas Salatiga. “ZIS menjadi salah satu pilar kemakmuran dan kesejahteraan warga Salatiga. Dengan ZIS kita dapat mengentaskan kemiskinan di Salatiga dan dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Maka dari itu, mari bersama-sama dengan saya menunaikan Rukun Islam ke-4 yaitu Zakat.” Ujar Sinoeng.

Sebelumnya, Ketua Baznas Salatiga, Ari Hidayah Iswanto, S.Psi menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran dan komitmen dalam berzakat. Peran aktif dan dukungan langsung para pemangku kebijakan seperti kepala dinas, kepala intansi vertikal, kepala BUMD sangat diharapkan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan umat. Salatiga mempunyai potensi zakat yang sangat besar. Walau saat ini belum optimal, tapi Baznas Salatiga terus berupaya meningkatkan peran dalam membangun kepercayaan publik. Dalam giat tersebut juga dilakukan penandatanganan Surat Pernyataan Kesediaan menunaikan Zakat/Infak/Sedekah secara bersama-sama oleh Pj Walikota, Kapolres, Danrem, Dandim, dan Sekda Salatiga. (Humas/YF)