Kemenag Klaten Gelar Upacara Peringati HAB ke 77

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Upacara Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke 77 Tingkat Kabupaten Klaten, dipusatkan di Alun-alun Klaten, pada hari Selasa, (3/1).

Peringatan HAB ke 77 Kementerian Agama ini mengusung tema “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Klaten, Sri Mulyani. Upacara yang diikuti oleh 1.300 peserta, dari unsur ASN, Pendidik, Peserta didik dan Penyuluh Agama hadir pula Jajaran Forkopimda, Tokoh Agama, Ormas Keagaman serta FKUB.

Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-77, yang jatuh pada hari Selasa, 3 Januari 2023 sekaligus menyongsong tahun toleransi, seluruh peserta upacara kenakan pakaian adat nusantara.

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dalam amanatnya yang disampaikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani mengajak seluruh ASN Kemenag untuk selalu menjaga kerukunan umat agar NKRI tetap utuh.

Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Dalam peringatan HAB ke 76 Kementerian Agama yang lalu kita gelorakan semangat transformasi layanan umat. Dan Alhamdulillah, secara bertahap, cita-cita bersama itu mulai terwujud dan tampak hasilnya. Kini Kementerian agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan. Salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai Pusat hingga daerah,” katanya.

Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, semua itu merupakan upaya meningktkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian agama juga terus berprestasi, di level nasional maupun internasional.

“Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah ini diakui dan diapresiasi oleh kementerian atau lembaga dan publik dengan 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu. Maka, kita jaga prestasi itu. Dan tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin,” ujarnya.

Dalam peringatan HAB ke 77 Kemenag ini, ada sebanyak 23 ASN yang menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun dari Presiden RI Joko Widodo. Salah satunya adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Haryadi, yang telah mengabdi sebagai ASN selama 30 tahun.

Pada kesempatan itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten juga menyampaikan bantuan untuk yatim piatu dan fakir miskin, penyerahan sertifikat halal kepada pelaku UMKM dan sertifikat tanah wakaf.(aj/Sua)