Kenalkan Kampus, UIN Walisongo Sosialisasi di MAN 2 RembangĀ 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 RembangĀ  – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kampus di MAN 2 Rembang pada hari Selasa, 31 Januari 2023. Bertempat di gedung aula madrasah dihadiri oleh seluruh siswa kelas XII.

Khamid, salah satu perwakilan dosen yang hadir pada kegiatan ini menjelaskan bahwa kedatangan tim dari UIN Walisongo ini merupakan rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru. Dengan terselenggaranya sosialisasi ini diharapkan para siswa kelas XII yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi bisa lebih mengenal UIN Walisongo.

“Tentu kami mengajak kepada adik-adik kelas XII untuk bergabung bersama kami di UIN Walisongo. Apalagi dari Madrasah Aliyah yang tentunya ada hubungan yang baik sebagai sesama lembaga dibawah Kementerian Agama,” imbuhnya.

Khamid yang merupakan alumni MAN 2 Rembang mengatakan bahwa UIN Walisongo telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan terutama ketika telah naik level menjadi sebuah universitas setelah sebelumnya IAIN.

“Selain prodi-prodi keagamaan yang menjadi ciri khas UIN, sekarang juga banyak berdiri prodi umum. Jadi para calon mahasiswa mempunyai banyak pilihan,” tandas Hamid.

UIN Walisongo saat ini mempunyai enam fakultas untuk program S1 maupun D3. Selain fakultas dan prodi keagamaan, juga ada banyak prodi umum yang masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Sementara itu Waka Humas MAN 2 Rembang, Muslihul Afif dalam sambutannya mengatakan bahwa perkembangan UIN Walisongo dapat dianggap sebagai alternatif pilihan bagi siswa-siswi terutama peserta didik MAN 2 Rembang.

Ia menambahkan di madrasah aliyah ada banyak materi atau pelajaran yang terintegrasi dalam Pendidikan Agama Islam. Hal ini menurutnya menjadi nilai tambah tersendiri serta dianggap sesuai dengan karakteristik perguruan tinggi keislaman seperti UIN.

Pada kesempatan tersebut juga diisi dengan tanya jawab seputar kampus UIN Walisongo. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata mata dari UIN Walisongo kepada perwakilan madrasah. -huda/iq/rf