215 Jemaah Calon Haji Pamitan, Usia Tertua 97 Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Jelang keberangkatan jemaah calon haji pekan depan, Kemenag Salatiga menyelenggarakan Pamitan Jemaah Calon Haji Tahun 1444H/2023M pada Selasa, (23/05). Berlangsung di Ruang Kaloka Gedung Sekertariat Daerah Lt. 4 Kota Salatiga, kegiatan dihadiri oleh Pj. Wali Kota, Sekretaris Daerah, Kepala Kankemenag Kota Salatiga, Asisten, Forkompimda, segenap jemaah calon haji dan tamu undangan.

Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Wiharso menyampaikan keadaan jemaah haji Kota Salatiga secara statistik berikut laporan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Sebanyak 215 jemaah haji Kota Salatiga yang tergabung dalam kloter 18 akan berangkat/masuk Asrama Haji Donohudan pada Senin, (29/05) pukul 09.00 WIB dan terbang pada Selasa, (30/05) pukul 04.15.

“Jumlah calhaj terbanyak di Kecamatan Tingkir yaitu 74, kemudian Sidomukti 53, Argomulyo 48 dan Sidorejo sebanyak 40. Untuk jemaah perempuan 116 dan laki-laki 99. Dari segi usia, tertua ada Bu Romzanah yang  berusia 97 tahun dan termuda berusia 18 yaitu Ananda Faiq Fatih,” jelas Wiharso.

“Alhamdulillah, hari ini Bapak/Ibu semua berkesempatan untuk melaksanakan pamitan dengan Bapak Pj Wali Kota setelah minggu kemarin kita sudah melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kota dan kecamatan. Saya harap dengan bekal yang diberikan, jemaah calon haji Kota Salatiga lebih siap lahir batin menunaikan rukun Islam yang ke-5. Selamat bertandang ke tanah suci Bapak/Ibu,  menjadi tamu Allah yang merupakan dambaan setiap umat muslim. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan menjadi haji/hajah yang mabrur/mabruroh,” tambahnya.

Pj. Wali Kota Salatiga, H. Sinung N Rachmadi mengungkapkan rasa bahagianya dapat bertatap muka dengan jemaah calon haji yang hadir. “Selamat, sugeng tindak memenuhi panggilan Allah SWT. Harapan kami semoga jemaah haji diberikan kesehatan, berkah, rahmat oleh Allah SWT. Apalagi tahun ini ada yang berusia 97 tahun, yang semangatnya luar biasa, saya doakan sehat selalu. Semoga bapak/ibu pinaringan haji mabrur mabruroh, pulang dalam keadaan sehat. Doa kami menyertai,” harap Sinung.

Dalam giat tersebut, Pj Wali Kota memakaikan syal dan pin secara simbolis kepada jemaah laki-laki dan perempuan. Sebelum acara berakhir, KH. Noor Rofiq memberikan tausiyah kepada jemaah calon haji dan ditutup dengan doa.(Humas/YF-HA/Sua).