Penyuluh Agama Islam Award, Ajang Prestisius Tingkatkan Kreasi dan Inovasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 198 Tahun 2023, Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyelenggarakan kegiatan Penyuluh Agama Islam Award Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Sidomukti pada Selasa, (23/05).

Hadir dalam pembukaan, Kakankemenag Kota Salatiga, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Argomulyo, Kasi Pakis, staff Bimas Islam dan seluruh Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS.

Kasi Bimas Islam, Hj. Siti Handayani menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan adalah memotivasi para penyuluh untuk berkreasi, meningkatkan tanggung jawab dalam pendampingan masyarakat, dan juga menginspirasi penyuluh untuk meningkatkan inovasi. Sebanyak 15 Penyuluh Agama Islam baik PNS dan Non PNS mengikuti giat tersebut.

Membuka kegiatan, Kakankemenag H. Wiharso mengatakan giat Penyuluh Agama Islam Award atau yang dulu disebut Penyuluh Agama Islam Teladan ini merupakan giat prestisius/bergengsi untuk para penyuluh. “Kegiatan ini tidak hanya sekedar melaksanakan uraian kegiatan di Seksi Bimas Islam tapi merupakan ajang prestisius. Untuk peserta, ikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, tunjukkan potensi yang dimiliki, dan bersaing dengan sehat. Sedangkan untuk Dewan Hakim saya mohon untuk menilai dengan seadil-adilnya dan obyektif,” pesan Kakankemenag.

Para peserta yang mengikuti pemilihan Penyuluh Agama Islam Award harus memenuhi kriteria yang sebagai bahan penilaian yaitu administrasi, karya tulis ilmiah, presentasi, wawancara, dan video. Adapun yang menjadi kategori penghargaan adalah Peningkatan Literasi Al-Qur’an, Pendampingan Kelompok Rentan, Kesehatan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Penegakan Hukum, Pelestarian Lingkungan, dan Metode Penyuluhan Baru.(Humas/YF-HA/Sua)