324 Siswa MIN 1 Rembang Ikut PAT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang – MIN 1 Rembang menggelar Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2022/2023 mulai Senin (29/5/2023). Dari pantauan, PAT ini berjalan dengan lancar dengan terlihat antusias siswa-siswi yang datang lebih awal dan keseriusan dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Ahmad Fahimi selaku Kepala MIN 1 Rembang mengatakan, pelaksanaan PAT tahun ini dilaksanakan dengan 2 cara yaitu kelas 1 sampai kelas 3 mengerjakan soal tes dengan menggunakan kertas. Sedangkan kelas 4 sampai kelas 5 menggunakan aplikasi CBT E-Learning. Fahimi merasa senang dan mengappresiasi panitia yang telah bekerja dengan sebaik-baiknya demi kelancaran PAT mulai dari pembuatan dan pengeditan naskah soal, penggandaan, jadwal, denah ruangan, dan tata tertib,

“Disamping panitia, semua guru termasuk wali kelas juga  merupakan faktor pendukung lancarnya pelaksanaan karena telah mengimbau siswanya untuk belajar dan menjaga kesehatan serta mengikuti PAT sesuai arahan,” terangnya.

Daningsish , Ketua panitia mengatakan, pelaksanaan PAT tanggal 29 Mei hingga 8 Juni 2023. PAT ini oleh siswa kelas I sampai dengan kelas V dengan jumlah 324 siswa. Semua peserta tampak mematuhi tata tertib PAT dari datang lebih awal, serius mengerjakan soal, dan tetap menjaga ketenangan dan ketertiban jalannya PAT.

“Pengawas yang terdiri dari guru-guru  pun menjalankan tugasnya dengan profesional dari awal masuk sampai keluar ruangan,” ucap Daningsih.

“Mereka harus dilatih untuk teliti dengan kembali mengoreksi hasil jawabannya karena dikhawatirkan ada soal-soal  yang terlewat saat mengerjakan ,” ungkapnya.

Ditambahkannya, supaya menjaga suasana agar tenang dan lebih kondusif ketika PAT, semua peserta agar membaca soal-soal hanya di dalam hati dan apabila ada yang tidak mengerti ditanyakan kepada pengawas secara bergantian.

“Mereka pun tidak diperkenankan keluar ruangan sebelum waktunya kecuali benar-benar mendesak dan alasan yang tepat, dan sedikit berbeda  perlakuan di kelas 1 dan 2, pengawas memandu membacakan soal-soal tes jika ada siswa yang kesulitan memahami soal,” jelasnya.

Dihari pertama PAT, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan Akidah Akhlak. Terlihat semua siswa mengerjakan PAT dengan tenang dan lancar.(iq/rf).