42 Siswa MTsN 5 Rembang Ikuti Program PISA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 5 Rembang_– Sebanyak 42 siswa berusia 15 Tahun ikuti Asesmen Programme For International Scudent Assesment (PISA) pada Kamis(19/5/2022). MTsN 5 termasuk salah satu satuan madrasah yang ikut mewakili negara Indonesia dalam assessment PISA.

Kepala MTsN 5 Rembang, Warsan mengatakan, hal ini merupakan salah satu anugerah sekaligus tantangan bagi MTsN 5 Rembang. Karena dari sejumlah kurang lebih 120.000 sekolah dan madrasah di Indonesia, dipilih 413 satuan pendidikan yang terdiri dari 342 sekolah jenjang SMP maupun SMA dan 71  madrasah dari jenjang MA maupun MTs se-Indonesia. “Ini merupakan prestasi bagi kami sekaligus tantangan. Karena itu, siswa harus sungguh-sungguh,” kata Warsan, Rabu (25/5/2022).

Asyrofi Wakil kepala bidang kurikulum sekaligus team penyelenggara PISA di MTsN 5 Rembang mengatakan, suatu kehormatan yang sangat besar untuk MTsN 5 Rembang yang telah diberi kepercayaan menjadi sampel tes PISA Asesmen Programme For International Scudent Assesment.

Asyrofi juga menegaskan, penentuan siswa yang akan mengikuti tes juga dilakukan secara acak sehingga diharapkan dapat memotret kondisi yang sebenarnya sesuai tujuan awal dilakukan tes PISA.

MTsN 5 Rembang termasuk sampel madrasah penyelenggara asesmen PISA di Rembang. Madrasah ini telah menyiapkan siswa dan termasuk guru sebagai pembimbing asesmen PISA yang telah mengikuti pelatihan beberapa bulan yang lalu di Bandung dan di Surabaya.

Guru Pembimbing PISA adalah, Yeni Bangun Setiawan dan Umi Zakiyah Hilmanah, dari Mapel Matematika,  Miftahul Huda dan Maryono dari Mapel Bahasa Indonesia, serta Ratna Azizah dan Zumrotul Arifah dari Mapel IPA.

Materi yang diujikan dalam asesmen ini berupa literasi membaca, literasi sains, literasi numerik, dan survey karakter kingkungan. Adapun waktu yang disediakan dalam asesmen selama 150 menit yang terbagi 30 menit untuk pengarahan puspendik dan pengantar uji PISA, 60 menit untuk sesi 1 dan 60 menit untuk sesi 2.

“Dalam asesmen ini diharapkan kalian mengerjakan dengan sungguh-sungguh, karena MTsN 5 Rembang sebagai sampel dalam asesmen PISA Kabupaten Rembang dari 88 Negara Tahun 2022 ini,”ujar Asyrofi._Habibie/iq/rf