Alumni MAN 2 Rembang Beberkan Pengalaman Masuk ITS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – RAPOD (Mandura Podcast) kali ini kedatangan tamu salah satu alumni yaitu Wahyu Prasetyo yang merupakan alumni lulusan tahun 2022. Wahyu juga mantan Ketua OSIS periode 2020/2021. Ia menyempatkan diri untuk memenuhi undangan tim Podcast MAN 2 Rembang untuk sharing-sharing dan ngobrol.

Ia menceritakan pengalamannya semasa menjadi siswa MAN 2 Rembang tersebut pada hari Jum’at 20 Januari 2023 di ruang Podcast. Bertindak sebagai host kali ini yaitu Akhsana Naila Eka Sari dan Thochiyatus Zahroh.

Dalam obrolan tersebut Wahyu yang saat ini kuliah di Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya mengungkapkan rasa senang dan bangga pernah menjadi bagian dari keluarga besar MAN 2 Rembang yang sangat ia cintai. Wahyu dapat menyempatkan hadir karena saat ini kampusnya sedang libur.

“Kesibukan selama liburan ini saya ikut sosialisasi kampus, juga sedang riset dengan teman-teman dan dosen karena di ITS mahasiswa diwajibkan mengikuti PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa,” ungkap Wahyu.

Ia mengungkapkan dalam sosialisasi tersebut juga berkolaborasi dengan mahasiswa dari kampus lain terutama Surabaya Raya seperti Unair dan UIN Sunan Ampel. Ada juga dari Unnes, Universitas Brawijaya, UGM dan banyak lagi.

Saat ditanya mengenai kesan selama belajar di MAN 2 Rembang Wahyu mengungkapkan bahwa punya kesan sangat mengena. Ia mengaku karakternya dibentuk dengan bimbingan dari bapak ibu guru yang luar biasa.

Saat menjadi ketua OSIS Wahyu banyak belajar mengenai kepemimpinan, manajemen organisasi yang ia rasakan manfaatnya saat menjadi mahasiswa. Apalagi tantangannya waktu itu masih masa pandemi dan kegiatan dilaksanakan secara daring.

“Kita mencari akal bagaimana caranya membuat kegiatan walaupun daring namun tetap bisa meriah, misal seminar pelatihan daring. Yang paling besar kegiatannya sewaktu Milad MAN 2 Rembang,” ungkap Wahyu.

Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan tentang kegiatan Campus Fair beberapa waktu lalu yang ia adakan bersama teman-teman alumni lain. Kegiatan ini berawal dari banyaknya pertanyaan dari siswa kelas XII tentang info masuk perguruan tinggi.

Akhirnya para alumni berinisiatif membuat kegiatan yang bisa menjawab pertanyaan yang dikemas melalui suatu acara yg menarik dan bermanfaat, yang mana Wahyu menjadi ketua pelaksana.

Para siswa kelas XII cukup antusias karena memang ini even yang ditunggu-tunggu apalagi belum pernah diadakan sebelumnya. Untuk panitia dari alumni 2022 yang juga menggandeng alumni di atasnya sebagai.

Mengenai masuk perguruan tinggi Wahyu menjelaskan bahwa ia melalui jalur prestasi yang diselenggarakan ITS sendiri setelah sebelumnya gagal di SNMPTN. Untuk kendalanya yaitu sulit mencari informasi keberadaan alumni MAN 2 Rembang di ITS.

Ia pun bangga bisa diterima di ITS yang notabene masuk Top 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ia memilih jurusan teknik mesin karena untuk prospek ke depannya cukup menguntungkan dan masih terbuka lebar.

“Tips untuk adik-adik kelas XII yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi belajar itu wajib, kemudian minta doa restu orangtua, dan mengenali minat dan bakat kalian.Kalau mau menggapai mimpi harus diimbangi dengan usaha, nanti linier dengan hasil yg diharapkan. Untuk adik-adik kelas X dan XI persiapkan planning kalian ke depannya,” pungkas Wahyu. -huda/i/rf