Angkat Tema Limbah Kain Batik, Tim FIKSI MAN 2 Rembang Tembus Final Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Peserta Didik MAN 2 Rembang kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Dalam ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2023, satu tim lolos dari tahap 2 dan berhak melaju ke babak final.

Tim yang beranggotakan Putra Bagas Satria dan Jaynika Halwa Muhimmah ini membuat judul proposal “Pembuatan Miniatur Carnival Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Kain Batik Tulis Lasem”.

Sebelumnya pada tahap 2, mereka telah mengunggah profil dan video wirausaha. Dalam Surat Keputusan yang dikeluarkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbud Ristek, tim yang bernama “Minion” ini lolos dari bidang Kriya, bersama puluhan proposal lain dari seluruh Indonesia.

 

Muhammad Rofiun, selaku guru pembimbing mengatakan tema ini dipilih lantaran Lasem dikenal sebagai penghasil batik yang berkualitas. Lasem terdapat banyak produksi garmen dengan bahan dasar batik tulis Lasem.

MAN 2 Rembang sendiri mempunyai ciri khas dengan kostum karnivalnya yang juga memanfaatkan batik tulis Lasem.

“Oleh karena itu kami punya ide untuk memanfaatkan banyaknya limbah kain batik ini untuk bahan pembuatan miniatur carnival,” ungkapnya, Senin(07/08).

Langkah pertama dalam pembuatan miniatur ini adalah dengan membuat gambar rancangan dengan sketsa. Kemudian pola yang sudah jadi dipotong dan ditempel kain perca batik.

Selanjutnya menghias dengan pernak pernik aksesoris untuk mahkota dan direkatkan dengan lem tembak. Langkah terakhir yaitu memakaikan baju, sayap, dan mahkota ke boneka. -hud/iq/rf