Asah Penulisan Berita, OSIS MAN 2 Rembang Gelar Pelatihan Jurnalistik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Pada hari Rabu 15 Februari 2023, OSIS MAN 2 Rembang menggelar kegiatan Pelatihan Junalistik dan Kepenulisan dengan tajuk “Mencetak Jurnalistik yang OKE (Objektif, Aktual, Entertain)”.

Narasumber yang memberikan materi yaitu Moch. Ilyas Al-Musthofa yang merupakan wartawan Suara Merdeka. Kegiatan ini berlangsung di laboratorium komputer yang telah tersedia media TV digital.

Peserta yang hadir sebanyak 40 orang yang terdiri dari siswa yang tergabung dalam ekskul jurnalistik, podcast, pengurus OSIS, serta perwakilan kelas X.

Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja OSIS MAN 2 Rembang bidang jurnalistik untuk mengasah kemampuan siswa dalam dunia penulisan berita.

Ilyas dalam paparannya mengatakan berita berkaitan dengan adanya peristiwa. Berita merupakan keterangan mengenai sebuah peristiwa, maka struktur penulisannya juga berbeda.

“Sebenarnya unsur dalam sebuah berita harus memenuhi lima unsur yang sudah familiar yaitu 5W+1H (what, who, when, where, why, dan how),” ujar Wakil Ketua PWI Rembang tersebut.

Peserta dilatih membuat redaksi berita (foto: osismandura)

Ilyas juga menjelaskan secara rinci mengenai setiap unsur tersebut. Tidak hanya sekedar teori, para peserta diminta langsung praktik membuat tulisan sesuai perintah di komputer dengan topik bebas.

Setelah tahapan ini selesai maka setiap peserta telah membuat satu buah berita. Menurut Ilyas, ini dinamakan straight news yang lazimnya mengandung tujuh alinea yang masing-masing terdiri dari dua kalimat dan dua narasumber.

Materi selanjutnya yaitu teknik wawancara. Para peserta dibekali materi beberapa jenis wawancara diantaranya wawancara terencana, cegat, telepon, tertulis, dan kelompok.

Peserta semakin antusias dengan tahapan selanjutnya yaitu praktek wawancara secara langsung. Sebelumnya mereka telah dibagi menjadi lima kelompok dengan topik berbeda.

Kelima topik tersebut yakni mewujudkan sekolah ramah anak dan anti bullying, program unggulan di MAN 2 Rembang, cara jitu mendisiplinkan siswa, belajar kreatif di Kurikulum Merdeka, dan rencana wisuda lulusan 2022/2023.

Wawancara dilakukan di berbagai tempat seperti ruang guru, ruang kurikulum dan ruang BK.

Praktek wawancara (foto: osismandura)

“Setiap peserta saya tugasi mewawancarai narasumber yang telah ditentukan sesuai topik dengan sebelumnya mereka menyusun daftar pertanyaa,” imbuh Ilyas.

Hasil dari wawancara tersebut selanjutnya diolah menjadi sebuah redaksi berita dan nantinya dicek oleh narasumber. Tulisan terbaik akan dimuat dalam kanal Suara Merdeka.

Sementara itu waka kesiswaan, Khusnul Khotimah dalam sambutannya mengapresiasi pengurus OSIS yang bekerja keras menggelar kegiatan tersebut.

Khusnul menambahkan sekarang ini tentunya harus mengikut perkembangan zaman yang semakin berkembang termasuk di bidang jurnalistik dan penulisan.

“Biasanya anak-anak muda banyak ide, namun sering kesulitan untuk menulisnya. Saya harap dengan adanya pelatihan ini akan menghasilkan jurnalis handal dari kalangan siswa,” pungkas Khusnul. -huda/iq/rf