Bentuk Karakter Siswa, MTsN 2 Rembang Gelar Pondok Ramadan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang – Menjelang akhir Ramadan, siswa MTs Negeri 2 Rembang masih bersemangat dan antusias dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan melalui kegiatan Pondok Ramadhan. Pondok Ramadhan yang menjadi kegiatan rutin tahunan madrasah yang bersifat intra kurikuler yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

Kegiatan ini diadakan pada Kamis-Jumat (13-14 /4/2023) dan dikemas dengan berbagai macam kegiatan yang bersifat pengembangan karakter, pembiasaan dan penumbuhan motivasi.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis, menjelaskan kegiatan pondok Ramadhan di madrasah dilaksanakan selama aktif kegiatan belajar dalam bulan Ramadhan. “Kegiatan Pondok Ramadhan ini bertujuan untuk membina generasi muda agar memiliki pengetahuan agama yang lebih baik” ungkapnya.

Yunus Anis juga menyampaikan persoalan generasi muda saat ini yang dikwatirkan akan semakin memprihatinkan dengan kurangnya sopan santun, kepekaan sosial, rasa persatuan dan kesatuan yang dikuatirkan semakin terkikis. “Sehingga perlu dilakukan adaptasi dengan kegiatan positif, seperti Pondok Ramadhan, sambungnya.

Sementara itu, Ahmad Makhim Arisanto selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, menjelaskan bahwa selain kajian-kajian Al-Qur’an, Tadarus, maupun Sholat Sunah Dhuha, kegiatan Pondok Ramadhan juga melakukan kegiatan pengumpulan Zakat Fitrah dengan melibatkan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) dan menjelang akhir Ramadhan sebagai puncak kegiatan dilakukan pembagian/ pendistribusian zakat fitrah.

Makhim Arisanto menyampaikan terima kasih kepada siswa yang telah mengikuti kegiatan ini. “Pondok Ramadhan diharapkan menjadi bekal diri dalam menggali ilmu agama lebih dalam sehingga akan terbentuk karakter anak yang beriman dan berahklak,” tandasnya. (Wient/iq/rf)