Berbasis Aplikasi, MAN 2 Rembang Gelar Munaqosah Program Tahfidz

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Sebanyak 32 peserta didik mengikuti munaqosah atau ujian terbuka program tahfidz kelas XII. Kegiatan ini dilaksanakan di aula madrasah pada hari Selasa (02/05) ini.

Agenda ini rutin dilakukan dan merupakan puncak ujian sebelum mereka mengikuti acara perpisahan. Dari jumlah peserta tersebut, 2 diantaranya bukan dari kelas tahfidz.

Hadir pada kesempatan tersebut kepala madrasah, pembimbing tahfidz serta orangtua atau wali peserta didik. Ada tiga orang yang menjadi penguji yang mana dua orang merupakan penguji luar, yaitu K.H. Imam Sofwan dan Nyai Hj. Durroibah. Keduanya merupakan pengasuh Pondok Pesantren Nailun Najah Lasem.

Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap apa yang telah didapatkan atau berapa juz al-Qur’an yang telah dihafal bisa dijaga dan bertambah.

“Munaqosah ini merupakan bentuk tanggungjawab madrasah yang dalam hal ini bidang tahfidz, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik. Bapak ibu orangtua bisa menyaksikan langsung putra putrinya dan mendampingi di panggung,” ujar Kasnawi.

Dalam petunjuk teknis munaqosah, materi yang diujikan mencakup semua hafalan yang sudah dicapai masing-masing peserta didik. Jumlah hafalan juz berbeda-beda, dari 5 juz sampai 25 juz.

Pemberian soal dilakukan melalui aplikasi SPIN. Admin menampilkan aplikasi untuk mengundi ayat secara acak. Setiap penguji membacakan ayat yang ditampilkan tersebut. Peserta didik meneruskan ayat tersebut sekira 2 sampai 3 ayat, sampai penguji menyatakan selesai dan ganti soal berikutnya.

Apabila peserta didik melakukan kesalahan atau lupa dalam meneruskan ayat, penguji dapat membantu membenarkan atau menyebutkan 1-2 lafadz. Masing-masing penguji memberikan nilai kepada peserta didik dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam aspek kelancaran dan tajwid adalah 70. -hud/iq/rf