Berlatih Demokrasi, MTsN 2 Rembang Pilih Ketua OSIM Ala Pemilu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 2 Rembang – Siswa MTsN 2 Rembang dilatih untuk andil dalam pendidikan politik. Hal ini diterapkan di MTs Negeri 2 Rembang melalui kegiatan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) yang digelar pada Jumat (22/9/2023).

Kegiatan yang digelar di lapangan madrasah berupaya mengenalkan peserta didik bagaimana cara menggunakan hak pilih yang tepat yang dikemas melalui event Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM layaknya Pemilihan Umum.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, kegiatan ini termasuk salah satu penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk mata pelajaran PKn.

“Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang dikemas layaknya Pemilu ini, bagi siswa sebagai calon pemilih pemula, mengandung nilai edukasi agar mereka lebih siap menggunakan hak pilihnya. Dalam Pemilihan Umum baik pilkada, Pilpres maupun Pileg untuk 5 tahun yang akan datang,” katanya.

Pembina OSIM, Eko Munjayanah mengatakan, pada periode tahun ini para kandidat diberikan kesempatan untuk berorasi menyampaikan visi misinya di hadapan peserta didik lainnya, sebelum melakukan pencoblosan surat suara.

“Tata letak dibuat semirip mungkin dengan konsep pemilihan umum, seperti adanya bilik suara hingga tinta tempat mencelupkan jari, sehingga kesan pemungutan suara lebih terasa,” jelasnya.

Eko menambahkan, untuk memberikan kesan tersendiri, madrasah menggunakan bilik dan kotak suara. Sebelumnya, pihak MTsN 2 Rembang mengajukan permohonan peminjaman kotak dan bilik suara ke KPU.  (wient/iq/rk)