Buat Visa Haji Kini Pakai Aplikasi Saudi Visa Bio, Begini Caranya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Calon Haji asal Rembang berbondong-bondong datang ke gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang untuk melakukan perekaman biometric melalui aplikasi Saudi Visa Bio.

Perekaman biometrik ini pembuatan visa ini dilaksanakan selama 9 hari (28 maret 2023 – 7 April 2023). Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Rembang, Zuhri mengatakan, pihaknya sudah mengatur jadwal perekaman biometrik ini di gedung PLHUT Kemenag Rembang. “Perekaman biometrik ini kini sudah dilakukan secara online, yaitu dengan aplikasi Saudi Visa Bio. Kami akan memanggil calon haji berdasarkan jadwal yang sudah kami sampaikan kepada calon haji yang akan berangkat tahun ini,” kata Zuhri.

Aplikasi ini bisa diunduh di playstore. Calon haji akan melakukan pendaftaran perekaman biometric dengan terlebih dahulu memasukkan email handphone. Setelah diverifikasi melalui email, calon haji mulai melakukan perekaman foto paspor, biometrik wajah, sidik jari.

Aplikasi ini diterapkan kepada semua jemaah haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan dan kecepatan pemeriksaan jemaah saat datang di bandara Arab Saudi. Dengan aplikasi Visa Bio ini, jemaah bisa melakukan pendaftaran secara mandiri.  — iq/rf