Bupati Buka Manasik Haji, Jemaah Diminta Selalu Jaga Kesehatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz membuka manasik haji tahun 1444 H yang digelar di Gedung Haji, Senin (15/5/2023). Manasik haji ini diikuti oleh 811 calon haji, baik dari unsur regular maupun cadangan.

Dalam sambutannya, Bupati meminta jemaah haji agar selalu menjaga kondisi fisik. “Menjaga Kesehatan bisa dilakukan dengan berolahraga. Karena haji membutuhkan fisik yang kuat,” kata Bupati di hadapan calon haji.

Bupati juga berpesan, jemaah haji harus fokus dalam menunaikan rukun dan wajib haji. “Terutama ketika mau wukuf di Arofah, jemaah harus fokus, jangan sampaikan ketinggalan wukuf ini karena mungkin baru jalan-jalan. Karena wukuf di Arofah ini waktunya sangat terbatas,” tandas Bupati.

Bupati mengimbau kepada jemaah haji agar selalu berkonsultasi kepada petugas haji apabila ada permasalahan. “Pada saat ada masalah, cara paling mudah yaitu langsung menghubungi petugas untuk mencari solusinya,” kata Bupati.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Kafit meminta kesigapan petugas dalam membimbing jemaah haji. Hal ini karena jemaah haji tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. “Selain itu, jumlah Lansia juga banyak, kami mohon petugas haji sigap dalam menghadapi jemaah, terutama yang lansia dan yang memiliki resiko tinggi (risti),” kata Kafit.

Manasik haji ini akan digelar selama dua hari, Senin -Selasa (15-16 Mei 2023) di Gedung Haji Rembang. — iq/rf