Bupati Sragen: ”Jaga Kemabruran Haji dengan Istiqomah dalam Beribadah”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen bersama Pemerintah Kabupaten Sragen menggelar tasyakuran kesuksesan pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2023. Acara berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen, Rabu, (09/08).

Kegiatan dihadiri Bupati Sragen beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, Kasubbag Tata Usaha, Kasi, Gara, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Se-Kabupaten Sragen, serta para Jemaah Haji Kabupaten Sragen Tahun 2023 M.

Laporan penyelenggaraan Ibadah Haji disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, H. Ihsan Muhadi . Dalam laporannya, Ihsan Muhadi menjelaskan bahwa jumlah Jemaah Haji yang berangkat tahun 2023 sebanyak 1028 orang, yang terbagi ke dalam beberapa kloter. Kloter 60 terdiri dari 14 Jemaah, kloter 61 sebanyak 355 Jemaah, kloter 62 dengan 355 Jemaah, kloter 63 mengangkut 246 Jemaah, kloter 96 membawa 28 Jemaah, Kloter 88 berisi 20 Jemaah, dan kloter 99 membawa 10 Jemaah.

‘’Dalam perjalanan Ibadah Haji tahun ini satu Jemaah, Sutiyem binti Kariyo Dikromo dari Margorejo, Karangmalang, telah berpulang ke rahmatullah dan dimakamkan di Syaraya Makkah. Satu orang lagi, Widodo dari Kauman Gemolong, masih menjalani perawatan di tanah suci akibat sakit. Namun, secara keseluruhan, pelaksanaan Ibadah Haji berlangsung dengan baik dan lancar, dari pemberangkatan hingga pemulangan, serta para jamaah dapat berkumpul kembali dengan keluarga dalam kondisi sehat’’ lapor Kakankemenag.

Ihsan Muhadi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Sragen dan seluruh pihak yang telah bekerja sama sehingga pelaksanaan Ibadah Haji berjalan dengan sukses.  “Maturnuwun Ibu Bupati, dukungan pemerintah Kabupaten Sragen sungguh kami rasakan, sehingga pelaksanaan ibadah haji sejak persiapan, keberangkatan sampai dengan pemulangan dan hari ini tasyakuran berjalan dengan lancar dan sukses, semoga menjadi amal kebaikan kita bersama,” kata Ihsan Muhadi.

Sebagai bagian dari acara, Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyerahkan sertifikat Badal Haji atas nama Ibu Sutiyem binti Kariyo Dikromo. Dalam sambutannya, Bupati Sragen berharap agar semangat keshalehan, rajin beribadah di masjid, bersedekah, dan menjaga sholat lima waktu tetap terjaga.

Bupati menyatakan ‘’Alhamdulillah jemaah haji Kabupaten Sragen jumlahnya meningkat, ini menunjukkan bahwa masyarakat juga sejahtera. Saya berpesan agar Bapak Ibu memperoleh haji yang mabrur, selain itu juga tetap istiqomah dalam menjaga amal ibadah’’.

Pada akhir sambutannya Bupati Sragen berpesan agar seluruh masyarakat Kabupaten Sragen senantiasa menjaga kerukunan, keamanan, dan kesejahteraan. Beliau berharap agar pemilihan umum (Pemilu) berjalan lancar dan kondusif, serta mendorong untuk memilih dengan hati yang ikhlas. Semoga keberkahan Ibadah Haji tahun ini menjadikan setiap jamaah haji mabrur.(ren/Sua)