Direktur Bina KUA Pacu Semangat Jajaran KUA Wujudkan Revitalisasi KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Kementerian Agama RI, H. Muhammad Adib Machrus memberikan pembinaan kepada jajaran KUA se-Kabupaten Rembang. Kegiatan ini digelar pada Kamis (2/6/2022) di Horel Polos Rembang.

Dalam Capacity Building ini, Adib Machrus mendorong jajaran KUA untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya. “KUA adalah perwakilan Kemenag di tingkat Kecamatan dan pusat layanan keagamaan untuk warga Kecamatan. Semua layanan tentang keagamaan dilayani di KUA,” kata Adib Machrus.

Karena itu, jajaran KUA harus bersungguh-sungguh dalam mewujudkan seluruh layanan ini. “Jadi KUA itu tidak hanya identik dengan nikah saja. Tapi semua layanan keagamaan ada di KUA. Termasuk zakat wakaf, arah kiblat, informasi haji, dan kerukunan umat beragama,” tutur Adib Machrus.

Tahun 2022 ini, ada dua KUA di Rembang yang menjalankan program revitalisasi KUA, yaitu KUA Kecamatan Lasem dan KUA Kecamatan Bulu. Adib Machrus berpesan kepada KUA yang menjalankan program ini untuk tetap semangat, tidak menyerah dan mampu menyelesaikan segala masalah, tantangan dan hambatan. “Jika ada masalah, harus segera diselesaikan. Jangan sampai menjadi hambatan,” tandasnya.

Terkait minimnya SDM di KUA, pihaknya mengaku akan menata SDM dan menambah jabatan fungsional yang dibutuhkan. “Persoalan SDM di KUA di seluruh Indonesia itu sama, yaitu minimnya SDM. Kami sedang memroses penataan SDM tersebut dengan merencanakan menambah jabatan-jabatan yang strategis. Misalnya pranata computer, pranata humas, dan lainnya,” ungkapnya. — iq