Dua putri terbaik Rembang maju dalam perhelatan MHQH Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Dua putri terbaik Kabupaten Rembang, yaitu Durotul Muqofa dan Zumrotul Luthfiya siap tampil dalam perhelatan Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional ke-13 Tahun 2021 akan digelar di Jakarta , 22-25 Maret 2021.

Keduanya akan menampilkan kemampuan terbaiknya dalam cabang lomba tahfiz 30 juz dan tahfiz 20 juz. Kedua putri asal Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang ini berangkat menuju Jakarta Minggu siang (21/3/2021) bersama peserta lainnya dari Jawa Tengah.

Offa dan Fia, begitu akrab disapa, merupakan putri dari KH Sulaiman, ulama asal Sedan, Rembang, yang berulang kali menorehkan prestasi dalam MTQ maupun MHQ di tingkat Kabupaten hingga nasional.

Offa, telah menorehkan prestasi sederet, antara lain juara 1 STQ Nasional Cabang 10 Juz di Kalimantan Selatan, juara 3 MTQ Nasional Cabang 20 Juz di Ambon, juara 3 STQ Nasional Cabang 20 Juz di Bangka Belitung, juara 3 MTQ Nasional Cabang 20 Juz di Batam , dan Juara 1 MTQ Nasional Cabang 20 Juz di NTB. Dirinya bahkan telah mengkuti MHQ internasional di Iran, namun tidak lolos juara.

Sementara Zumrotul Luthfia yang baru saja menikah ini pernah meraih juara 2 pada lomba tahfidz Nasional Al-Qur`an 20 juz di Kalimantan.

“Persiapannya sangat cepat, kemarin kami baru ada pembekalan. Ini sudah mau berangkat, ”kata Offa saat diwawancarai beberapa hari sebelumnya.

Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah menaruh harapan yang sangat besar untuk pembongkaran agar bisa menampilkan yang terbaik dalam semua nilai akbar tersebut. “Merupakan kebanggaan bagi kami peserta kedua peserta dari Rembang berhasil menjadi juara dan akan mewakili Indonesia menuju musabaqoh tingkat internasional. Kami memohon doa kepada seluruh warga Rembang dan juga masyarakat Jawa Tengah agar bisa mendapatkan prestasi sesuai harapan, ”ungkap Fatah.

Dalam siaran persnya, ungkap Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, pelaksanaan MHQH Amir Sultan ke-13 ini merupakan wujud hubungan baik antara Kerajaan Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia.

MHQH Amir Sultan ke-13 ini akan diikuti 250 Hafizh dan Hafizhah dari 34 provinsi di Indonesia. Cabang yang terdiri atas hafalan 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz untuk putra dan putri. Sedangkan hafalan hadits hanya untuk putra dengan menghafal Kitab Hadits Umdatul Ahkam. iq