Edukasi Cintai Waliyullah, RA Hidayatus Shibyan Gelar Ziarah Wali

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – RA Hidayatus Shibyan Karangasem, Sedan mengadakan Ziarah Wali serta Field Trip di Tuban dan Lamongan, Jawa Timur (6/7/22).

Ziarah dilaksanakan di makam Maulana Ibrohim Asmoro Qondi, Palang dan Raden Qosim, Drajat. Selain itu, siswa juga diajak bermain dan belajar di Goa Maharani. Ziarah dan field trip ini diikuti siswa, seluruh guru, wali murid  serta kepala RA sebagai pendamping pembelajaran di lapangan.

Kegiatan kali ini mengusung tema “Melestarikan Tradisi dan Mengenal Satwa”. Kepala RA, Faiqul Himam mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan agar siswa mengetahui tradisi para ulama dan mengharap keberkahan. “Wali adalah penerus Nabi. Dengan ziarah ini, kita mengenalkan siswa akan peran wali dalam menyebarkan Islam di nusantara,” katanya.

Terkait edukasi, Himam mengajak seluruh siswa mengetahui langsung habitat, makanan, serta kebiasaan berbagai macam hewan. “Tema ini sesuai dengan program pembelajaran yang ada di RA, yakni tematik bernuansa nilai keislaman,” imbuh Faiq.

“Wisata di Goa dan kebn binatang Maharani ini Cocok dengan tema yang kita sampaikan di ruang kelas, yaitu tema rekreasi, tema negara, dan tema binatang,” ungkap Mu’alifah, guru RA B.

Guru RA A, Ina Zulfa saat diwawancarai mengatakan, kegiatan ini adalah agenda 2 tahunan di akhir tahun pembelajaran. “Alhamdulillah,  di tahun ini bisa sukses melaksanakan agenda ziarah para wali dan field trip dengan sukses, setelah sebelumnya ditiadakan karena pandemi,”  ucapnya.

Segenap keluarga besar RA Hidayatus Shibyan antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir dengan penuh keseruhan dan menyenangkan.  “Pengalaman, perjalanan yang seru dan menyenangkan,” kesan Iqbal, kelas RA B yang tahun pelajaran baru ini menjadi calon siswa baru di MI Hidayatus Shibyan. –

Contributor : ahmad musthofa

Editor : Shofatus shodiqoh/surifah