FKPP Rembang Dikukuhkan, Ini Sejumlah Harapan Kakankemenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang (Humas) – Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Rembang diharapkan mampu mengawal pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas lembaganya. Baik pembelajaran, administrasi hingga raihan prestasi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Kafit usai mengukuhkan FKPP Kabupaten Rembang, Senin (25/9/2023) di aula Kemenag Rembang.

Kafit meminta FKPP untuk dapat membina ponpes di Rembang sehingga kiprahnya lebih bergeliat. Mengingat pondok pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia.

“Dengan terbentuknya FKPP ini, kami harapkan dapat menggugah semangat ponpes di Rembang untuk lebih maju lagi baik dalam pembelajaran, penertiban data Emis dan lainnya,” kata Kafit.

Kafit menyoroti pula kasus yang menimpa beberapa pondok pesantren. Misalkan ada pesantren yang menyimpang dari aturan. Parahnya, pesantren itu pun belum mendapatkan izin operasional dari Kementerian Agama. “Karena itu, bagi ponpes yang hendak mengajukan izin operasional, harus disurvei dengan jelas fokusnya di bidang apa dan kegiatannya apa saja,” kata Kafit.

Kafit berharap, FKPP akan aktif menjalankan berbagai programnya. Apalagi di Rembang yang merupakan gudangnya Pondok Pesantren, antara lain Kecamatan Lasem, Sarang, Sedan dan Rembang. “Rembang itu kota santri. Banyak pesantren-pesantren besar. Apalagi kalau ada santri lulusan pondok Sarang, masyarakat sudah yakin akan keilmuannya,” ucap Kafit.

Jalin Komunikasi

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Rembang, Hanik Khuriana mengatakan, FKPP ini terbentuk dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antar pondok pesantren di Rembang. Hanik menyebutkan jumlah pesantren di Rembang sebanyak 117 lembaga.

“Dengan adanya FKPP ini, komunikasi dan koordinasi antar pondok pesantren di Rembang akan lebih mudah. Sehingga segala sesuatu terkait tentang perkembangan regulasi, kebijakan, dan hal-hal lain tentang ponpes akan lebih mudah disampaikan ke semua ponpes,” kata Hanik.

Pengukuhan ini dihadiri jajaran pejabat Kemenag Rembang, pengurus FKPP Kabupaten Rembang. Terpilih sebagai Ketua Umum yaitu KH Ulur Rosyadi Mubarok dan  Sekretaris Umum H. Ahmad Fatkhur Rohman. — iq/rk