Gerak Cepat Tim Kesehatan SOC 09 Layani Jamaah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Semenjak kedatangan jemaah haji kloter 09 SOC di Makkah, tim kesehatan yang dikomandani oleh dokter Naya Candra bersama Kartini langsung bergerak cepat. Mereka segera membuka pos pelayanan di lorong lantai 4 Hotel kiswah Tower tepatnya di depan kamar 402 dan 403, Makkah.

Ketua Kloter 09 SOC, Ahmad Fahimi mengatakan, dengan dibukanya pos layanan kesehatan tersebut diharapkan para jemaah haji yang memerlukan layanan bisa langsung mendatangi. Tim kesehatan juga segera melapor ke sektor emergency medical team yang berada di tower 4 Hotel kiswah untuk berkoordinasi tentang pelayanan kesehatan.

“Posko kesehatan dipergunakan untuk melayani para pasien yang memerlukan obat atau sekedar memeriksa kesehatan yang ringan. Sedangkan apabila ada pasien yang kondisinya agak parah maka baik dokter Naya maupun Ibu Kartini akan mendatangi yang bersangkutan di kamarnya,” kata Fahimi dalam keterangan tertulisnya, Ahad, (19/6/2022).

Fahimi mengungkapkan, sejauh ini keluhan kesehatan yang sering disampaikan jamaah setelah tiba di Makkah adalah pegal linu capek meriang dan batuk. Sudah tidak dijumpai lagi pasien yang terkena heat stroke. Hal ini dikarenakan suhu di Makkah ternyata cenderung lebih dingin daripada di Madinah. Meski demikian tim kesehatan kloter 09 SOC senantiasa mengadakan promotion prevention kesehatan, terutama selalu mengingatkan jamaah untuk memakai masker serta APD baik payung topi semprotan air dan alas kaki. “Alhamdulillah sejauh ini jamaah haji kloter 09 SOC tidak ada yang dirawat di KKHI maupun Rumah sakit Arab Saudi,” kata Fahimi.

Fahimi mengakui kerja keras tim kesehatan benar-benar luar biasa. Sehingga pasien yang ketika di Madinah sempat diinfus dan tidak mau makan akhirnya mau makan lagi. Jemaah pun mengakui sangat puas atas pelayanan tim kesehatan kloter 09. Fahimi/iq/Rf

Madinah, 19/6/2022