Guru MTsN 2 Rembang Kunjungi Siswi yang Terkena Musibah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang – Guna membantu menyelesaikan daan meringankan permasalahan siswa, guru Bimbingan Konseling (BK) dan wali kelas Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rembang melakukan home visit di salah satu Desa Gambiran Kecamatan Pamotan (Sabtu, 25/2/2023).

Home visit dilakukan Siti Ro’aina Nisa’atunnur  selaku guru BK MTs Negeri 2 Rembang bersama Masfiyah Nurul Fahmah selaku Wali Kelas terhadaMuyidin haidar  seorang peserta di rumahnya.

Ro’aina mengatakan bahwa home visit merupakan salah satu layanan kegiatan bimbingan konseling oleh guru BK dengan mengunjungi tempat tinggal peserta didik, tidak hanya  yang mengalami permasalahan tetapi juga yang terkena musibah.

“Home visit ini supaya kita tau apa masalahnya, sehingga kita dapat mencarikan jalan keluar,” ungkap Ro’aina. Menurutnya bahwa tujuan dari home visit untuk memperoleh keterangan dan mengetahui keadaan peserta didik, serta apa yang menyebabkan sehingga anak tidak datang ke madrasah.

Ro’aina menjelaskan dari hasil Home Visit tersebut diketahui bahwa siswa tersebut yang sudah tiga hari lebih tidak masuk madrasah ternyata  mengalami patah tulang pada telapak kaki yang keseleo saat akan mengambil air wudhu.

Secara terpisah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Ahmad Makhim Arisanto mengatakan semaksimal mungkin pihak madrasah harus memberikan perhatian penuh terhadap peserta didiknya.

“Anak ini adalah tanggung jawab kita bersama. Orang tua atau keluarganya di rumah bertanggung jawab mendidiknya di rumah, guru bertanggung jawab mendidiknya pada jam sekolah,” ungkap Makhim Arisanto.

“Dengan upaya maksimal seperti ini, Insya Allah para siswa dapat menjalani hari-harinya di madrasah dengan nyaman,” lanjutnya.

Di hari yang sama (Sabtu, 25/2/2023), perwakilan MTs Negeri 2 Rembang dengan beberapa siswa juga melakukan takziyah di rumah Isma Kafa Rahmatika salah satu siswa  di Kecamatan Namumsari Kabupaten Jepara yang mengalami musibah dengan meninggalnya ayahnya. Isma adalah siswa MTs Negeri 2 Rembang dari luar daerah yang mondok di Pamotan. (Wient/iq/rf)