Halal bi Halal sebagai Implementasi Pesan Nabi untuk Bersilaturahmi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Menjaga silaturahmi adalah pesan Nabi yang ditujukan kepada seluruh muslim. Hal ini sebagaimana yang dipesankan Nabi Muhammad Saw kepada sahabatnya, Abu Dzar ra.

Pengasuh tokoh agama dari Kecamatan Sedan, Ny. H. Nur Hidayah Ketika memberikan tausiyah dalam kegiatan Halal bi Halal Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Rembang, Rabu (25/5/2022) di Karangjahe Beach.

“Ada enam pesan Nabi kepada sahabatnya, yaitu Abu Dzar ra. Salah satunya adalah menjaga silaturahmi, walaupun kepada orang yang membenci kita,” tuturnya di hadapan puluhan anggota DWP.

Menurutnya, halal bi halal ini sangat tepat sebagai momen untuk menjaga silaturahmi. Sementara lima pesan lainnya yaitu, mencintai orang miskin, selalu melihat orang di bawah kita untuk memunculkan rasa syukur, tidak mendengarkan komentar negative orang lain selama kita melakukan kebaikan, tidak meminta-minta, dan mengatakan jujur dan benar walaupun hasilnya pahit.

“Inilah enam pesan Nabi Muhammad kepada Abu Dzar,” kata Ny. Hj. Hidayah.

Ny. Hj. Hidayah juga berpesan kepada peserta untuk selalu bersalawat kepada Nabi Muhammad saw. “Karena dengan bersalawat, akan menghilangkan semua kesedihan yang ada di hati kita,” tandasnya.

Ketua DWP Kemenag Rembang, Juwarmi Fatah mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pertemuan rutin bulanan DWP Kemenag Rembang yang melibatkan satuan kerja madrasah dan KUA.

“Kita di sini untuk bersilaturahmi dan halal bi halal. Mumpung masih Syawwal, mari kita bersihkan hati untuk saling memaafkan. Semoga dengan saling memaafkan akan melancarkan Langkah-langkah kita selanjutnya,” kata Juwarmi.

Kegiatan ini diisi dengan pembagian doorprize dan musafahah (bersalaman).  — iq/rf