Implementasikan Pelajar Pancasila, MTsN 2 Rembang Gelar Karya Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang – MTs Negeri 2 Rembang mengadakan gelaran karya siswa sebagai praktik kegiatan pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila rahmatan Lil alamin (P5RA). Giat ini diadakan pada Sabtu (24/6/2023) di halaman madrasah. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kelas 7 dan 8.

Siswa berkarya dengan olahan makanan, minuman, dan penampilan pentas seni juga menyajikan karya-karya inovatif siswa. Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, kegiatan semacam ini sudah menjadi agenda rutin akhir semester karena MTs Negeri 2 Rembang sudah menerapkan kurikulum merdeka sehingga otomatis melaksanakan Gelar Karya P5RA. “Dalam kegiatan ini bisa menggunakan istilah yang berbeda. Mungkin untuk ke depan bisa menggunakan istilah lain yang lebih inovatif, misalnya food and Handicraft,” kata Yunus Anis.

Yunus Anis berharap, acara seperti ini tetap dilanjutkan dan dijadikan sebagai program rutin madrasah agar nantinya bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas, serta bisa berkembang sesuai potensi masing-masing. “Semoga siswa dapat memperkuat karakter, mengembangkan kompetensinya, mengembangkan keterampilan dan menambah pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri,” harap Yunus Anis.

Kegiatan Gelar Karya ini melibatkan seluruh siswa kelas 7 dan 8. Mereka berkreatifitas membuat dan menata stand untuk memajang produk olahan maupun karya siswa seperti lukisan, hiasan dinding, souvenir dan lain sebagainya. Walaupun hanya digelar untuk lingkungan intern madrasah tidak hanya guru dan siswa yang sangat antusias meramaikan kegiatan, namun juga dikunjungi jajaran pengurus komite madrasah.

“Alhamdulillah, dagangan kita laku keras,” kata Caeley Latifah Meysan, salah satu siswa kelas 7.

Caeley menceritakan bahwa untuk mengikuti kegiatan ini kelasnya menggunakan kas kelas dan iuran sebagai modal untuk pengadaan kuliner. “Alhamdulillah, karena banyak yang laku modal kita bisa kembali dan ada keuntungan penjualan,” ungkap Caeley dengan gembira. (Wient/iq/rf)