Jadi Finalis, Gudep MTsN 1 Rembang Terima Visitasi dari Kwarcab Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Tahapan lomba Gugus Depan Mantap tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Rembang 2023 sudah memasuki babak final yang diikuti oleh 10 gugus depan. Salah satunya ialah MTs Negeri 1 Rembang yang merupakan wakil dari Kwartir Ranting lasem golongan penggalang. MTsN 1 Rembang menjuarai lomba Gugus depan mantap tingkat kwartir Ranting kecamatan Lasem.

Ketua Mabigus Gugus depan 14.045/14.046 pangkalan MTs Negeri 1 Rembang sekaligus Kepala Madrasah Akhmad Suhadak Solikin mengatakan, finalis akan mengikuti tahapan babak final berupa Visitasi dari tim juri Kwartir Cabang Kabupaten Rembang di masing-masing pangkalan yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2023.

“Kriteria Penilaian/lomba Gugus depan mantap di pangkalan MTs Negeri 1 Rembang antara lain mampu menunjukkan dokumen penilaian serta bukti fisik yang telah ditetapkan dari Kwartir Cabang maupun Kwartir Ranting meliputi Manajemen dan Administrasi, Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Sarana Prasarana, Kegiatan, Proses Pencapaian SKU, SKK, dan SPG, Prestasi, Kemitraan dan Kehumasan,” katanya ketika diwawancarai Selasa (2/5/2023).

Suhadak mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim penilai dari Kwartir Cabang Kabupaten Rembang. Ia menjelaskan, dengan adanya lomba Gudep Mantap ini berharap Gerakan Pramuka golongan penggalang di pangkalan MTs Negeri 1 Rembang semakin baik dan mampu melahirkan generasi bangsa yang handal, cerdas dan bertaqwa sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Dengan visitasi ini, diharapkan semua pihak yang terlibat dalam Gerakan pramuka golongan penggalang di MTs Negeri 1 Rembang bisa bekerja sama dengan baik baik secara administrasi maupun dalam proses pelaksanaannya di lapangan. Harapannya, peserta didik dapat terlayani secara maksimal sehingga pada akhirnya bisa melahirkan generasi-generasi bangsa yang handal dan berbudi pekerti luhur,” katanya.

Teknis pelaksanaan lomba dari tim penilai hanya mencocokkan/memverifikasi dengan dokumen/instrument penilaian Gudep Mantap yang ada dengan kondisi ri’ilnya serta bukti fisik yang telah dilaksanakan dalam jangka waktu 1-2 tahun.

Salah satu tim penilai dari Kwartir Cabang Kabupaten Rembang, Didik, mengatakann, peniaian Gudep Mantap adalah tolok ukur kegiatan Pramuka itu aktif, tertib, berkualitas dan banyak prestasi, karena Gugus Depan Mantap merupakan satuan pendidikan bagi peserta didik yang menjalankan peran dan fungsi sesuai dengan aturan Gugus Depan dan layanan kepada peserta didik. Pembina harus selalu mengupdate setiap kegiatan ke media sosial, karena di era digital ini kita harus mampu mengikuti dan terus mengupgrade diri. –fitroh/iq/rf