Kakankemenag Bangun Kesadaran Zakat bagi Anak Usia Dini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Wiharso menjadi narasumber dalam giat Sarasehan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Pemkot Salatiga pada Rabu, (21/02). Bertempat di Ruang Pertemuan Kaloka Gedung Setda Lt. 4, kegiatan dilaksanakan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan motivasi kepada para muzaki.

Kegiatan bertemakan “Zakat, Infaq, Sedekah Membawa Berkah” tersebut dihadiri oleh Salatiga, Ir. Wuri Pudjiastuti, Asisten 1 Joko Wahono, Ketua BAZNAS Ari Hidayah Iswanto, Darmanto dan 50 peserta dari unsur Guru RA/TK se-Kota Salatiga.

Dalam sambutannya Sekda Kota Salatiga, Ir. Wuri Pudjiastuti menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Salatiga menyambut baik dan memberikan apresiasi tulus atas penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai upaya membangun kesadaran gerakan cinta zakat, infak, dan sedekah (ZIS) sejak usia dini, sekaligus dapat memberikan wawasan, motivasi dan kesadaran terkait pentingnya zakat, infak, dan Sedekah (ZIS) untuk kesejahteraan umat dan masyarakat.

Lebih lanjut beliau menyampaikan meskipun angka kemiskinan di Kota Salatiga merupakan terendah kedua di Jawa Tengah, namun permasalahan kemiskinan tetap menjadi salah satu prioritas yang harus diatasi. Hal tersebut karena kemiskinan dapat menyebabkan permasalahan-permasalahan lain yang menghambat pembangunan dan kemajuan.

Sementara itu,  Wiharso menyampaikan materi tentang Membangun Kesadaran Cinta Zakat Bagi Anak Usia Dini. Dari materi yang disampaikan dapat ditarik kesimpulan bahwa menanamkan kebiasaan baik kepada anak butuh proses, pengulangan, kebiasaan dan keteladanan. “Semoga dengan membiasakan anak berbagi sejak dini, mereka menjadi pribadi yang sholeh sosialnya dan dijauhkan dari sikap egois dan individualistis, pribadi yang mengutamakan dan mencintai orang lain,” jelas Wiharso.

Sebelumnya Wiharso menyampaikan terima kasih kepada Baznas Salatiga yang selalu mendukung program-program pemerintah dan Kementerian Agama dalam membantu umat dan masyarakat. “Melalui berbagai kesempatan, mari sama sama kita beri dukungan kepada BAZNAS agar semakin optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya,“ pungkas Wiharso.(Humas/YF-HA/Sua)